Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPIP: DPPI Komponen Sistem Pertahanan Rakyat Semesta

Sabtu, 18 September 2021 12:12 WIB
Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agristina. (Foto: ist)
Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agristina. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agristina menilai, pemerintah daerah berperan besar dalam proses pembinaan ideologi Pancasila kepada generasi muda. Salah satunya dengan membantu pembentukan Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) di daerah masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Rima saat webinar "Peran Pemerintah Daerah Dalam Rangka Pembinaan Ideologi Pancasila Melalui Program Paskibraka (Wilayah Barat), Jumat (17/9). 

Rima mengatakan, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021, Paskibraka tahun ini selain bertugas mengibarkan bendera pusaka, juga dikukuhkan sebagai Duta Pancasila. Mereka lalu tergabung dalam DPPI. Kehadiran para Duta Pancasila ini akan jadi kekuatan yang luar biasa. Mereka tersebar di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota.

Baca juga : PLTA Saguling Sokong Beban Puncak Sistem Kelistrikan Jawa-Bali

Mereka juga komponen Sistem Pertahanan Rakyat Semesta dari unsur pemuda. "Kita berharap mereka dapat menguatkan dan mengukuhkan konsesus berbangsa dan bernegara khususnya Pancasila," jelas Rima.

Duta Pancasila akan melakukan aktivitas aktualisasi Pancasila. Ada tiga fokus aktivitas DPPI. Pertama, kegiatan internalisasi Pancasila kepada teman atau masyarakat dengan mengangkat kearifan lokal. Bisa dengan permainan tradisional, olahraga, seni budaya, dan kuliner nusantara.

Kedua, Internalisasi Pancasila melalui konten media sosial. "Ini tentunya upaya membentengi generasi muda dari hoaks yang bisa melemahkan konsensus bernegara," seloroh Rima. 

Baca juga : PSSI Godok Teknis Pelaksanaan Liga 2

Terakhir, internalisasi Pancasila mengenai pemahaman moderasi beragama. Tujuannya agar generasi muda tidak terpapar ajaran berbau ekstrimisme maupun radikalisme. 

Nah, untuk bisa melaksanana aktivitas tersebut perlu peningkatan kompetensi kepada anggota DPPI. Yaitu peningkatan pemahaman kearifan lokal, kompentensi literasi digital, dan moderasi beragama dan promosi toleransi. "Tiga aktivitas ini yang akan jadi fokus DPPI Pusat dan daerah," tandas Rima.

Ia berharap, pemerintah daerah dapat memberikan arahan agar terbentuk DPPI Daerah. "Program-program yang mulia ini harus segera kita indahkan karena generasi muda akan menjadi pewaris  masa depan. Pemerintah harus mampu mengawal mereka agar mampu menjadi pemimpin masa depan," pungkasnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.