Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Mukernas, PMI Bahas Percepatan Vaksinasi

Minggu, 19 September 2021 07:56 WIB
Palang Merah Indonesia (PMI) saat menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) secara virtual, Sabtu (18/9). (Foto : Istimewa)
Palang Merah Indonesia (PMI) saat menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) secara virtual, Sabtu (18/9). (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) secara virtual, Sabtu (18/9). Mukernas pertama dalam situasi Covid-19 ini diikuti pengurus PMI dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia dan seluruh pengurus pusat.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla meminta PMI Provinsi secara pro-aktif menggalang dukungan untuk menyukseskan program vaksinasi pemerintah. JK, sapaan Jusuf Kalla optimis, target dua juta vaksinasi bisa dicapai PMI seluruh Indonesia.  "Makin cepat vaksinasi akan mempercepat pemulihan ekonomi," ungkap JK.

Baca juga : Ayo Terus Kebut Vaksinasi Pelajar

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said mengungkapkan, PMI telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk pelatihan relawan PMI sebagai tenaga vaksinator. PMI, lanjut Sudirman, akan mengutamakan daerah yang serapan vaksinnya rendah.

"Seluruh provinsi menyampaikan perhatiannya bersama-sama untuk mempercepat vaksinasi. Akan ada rapat teknis direncanakan untuk peningkatan target vaksinasi," ungkap Said.

Baca juga : Lestari: Stok Mencukupi, Perbanyak Sentra Vaksinasi

Selain vaksinasi, Mukernas kali ini juga membahas penyediaan stok darah. Dia mengapresiasi pengurus daerah yang melakukan inovasi untuk meningkatkan stok darah, termasuk stok plasma konvalesen. "Terima kasih kepada seluruh mitra yang telah membantu dukungan dana," cetus mantan Menteri ESDM itu.

Ketua Bidang Kesehatan Fachmi Idris menambahkan, pemetaan wilayah vaksinasi telah dilakukan PMI bersama Kemenkes. Vaksinator dari PMI pun, sambungnya, telah tersedia dari beberapa gelombang pelatihan yang sudah terlaksana.

Baca juga : Dilamar Produser, Kate Hudson Pamerin Cincin

"Kemenkes setuju, dengan syarat tenaga kesehatan dari PMI dan telah bertemu dengan Dirjen, dengan syarat tentukan titik lokasi dan waktunya karena terkait dengan teknik pengiriman," ujarnya.

Mukernas yang berpusat di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan ini dipimpin Wakil Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita. Berdasarkan laporan dari 34 provinsi dalam pelaksanaan vaksinasi, akan ditingkatkan pelibatan PMI dalam percepatan program vaksinasi nasional. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.