Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bertemu KSAL, PP Pemuda Muhammadiyah: Masa Depan Indonesia Ada Di Laut

Selasa, 21 September 2021 11:03 WIB
Ketum PP Pemuda Muhammadiyah (PPPM) Sunanto saat bersilaturahim dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono. (Foto : Istimewa)
Ketum PP Pemuda Muhammadiyah (PPPM) Sunanto saat bersilaturahim dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (PPPM) bersilaturahim dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono.

Dalam pertemuan yang berlangsung Senin (20/9) itu, Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Yudo menerima silaturahim PP Pemuda Muhammadiyah.

Cak Nanto, sapaan akrab Sunanto, mengapresiasi kerja prajurit TNI AL selaku garda terdepan penjaga kedaulatan Indonesia di seluruh wilayah laut Indonesia. “Masa depan Indonesia adalah laut, dan TNI AL mampu menerjemahkan visi kemaritiman, dengan demikian Indonesia akan menjadi negara maritim terbesar di dunia,” kata Nanto dalam keterangannya, Selasa (21/9).

Berita Terkait : Bertemu Di Lirboyo, Kiai Sepuh Desak Muktamar NU Digelar Tahun Ini

Dia berharap Indonesia dapat memainkan peran strategis dalam menghadapi konflik laut China Selatan. Menurutnya dengan perkembangan teknologi mutakhir, telah terjadi miniturisasi yang berakibat batas geografis seakan hilang.

Hal ini yang diingatkan Nanto pentingnya sinergitas antara TNI AL dan seluruh elemen bangsa, terutama elemen kepemudaan Pemuda Muhammadiyah.

“Sebagai gerakan kepemudaan yang tersebar di seluruh wilayah NKRI, Pemuda Muhammadiyah merupakan mitra strategis TNI AL dalam menjaga kedaulatan di seluruh wilayah terdepan NKRI,” ujarnya.

Berita Terkait : Puji Jokowi, Mendagri: 2045 Akan Jadi Tahun Emas Bagi Indonesia

Selain itu, PPPM juga mengundang Yudo untuk hadir sebagai pembicara kunci pada perayaan milad Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), 1 Oktober mendatang.

Sementara itu, Yudo mengucapkan terima kasih atas kunjungan PPPM ke markas besar TNI AL. Yudo mengapresiasi seluruh agenda kebangsaan yang telah dilakukan PPPM dan berharap Nanto dan kawan-kawan terus memperkuat dan bergandeng tangan menjaga keutuhan bangsa.

Dalam kesempatan ini, Yudo dan PPPM bersepakat untuk melaksanakan kerjasama di berbagai bidang. Antara lain pelatihan instruktur nasional untuk kader Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), pemberdayaan masyarakat pesisir dan kepulauan, kegiatan pelayaran nusantara dan berbagai kegiatan lain dalam rangka menjaga keutuhan bangsa dan memperkuat NKRI.

Berita Terkait : Dubes Rachmat Ajak Pengusaha Thailand Tingkatkan Investasi Di Indonesia

Hadir dalam kesempatan ini, Komandan KOKAM Nasional Zainudin Gayo, Ketua Bidang Maritim Dedi Irawan, Razikin Ketua Bidang Hukum dan HAM, dan Ali Muthohirin Ketua Bidang Politik PPPM. [UMM]