Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Penyebaran Varian Mu, Pintu Masuk Ke Indonesia Diperketat

Selasa, 7 September 2021 21:48 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (Foto: Instagram Johnny G Plate)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (Foto: Instagram Johnny G Plate)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah bergerak cepat dalam mengantisipasi masuknya Covid-19 Varian Mu ke Tanah Air. Caranya, dengan meningkatkan pengawasan di seluruh area pintu masuk ke Indonesia dari luar negeri. 

“Pemerintah bergerak cepat dan tepat untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 Varian Mu atau B.1.621. Semua ini dilakukan agar Indonesia tidak mengalami gelombang ketiga Covid-19,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Selasa (7/9). 

Baca juga : NOC Apresiasi Capaian Atlet Indonesia Di Paralimpiade Tokyo 2020

Plate menerangkan, pengawasan dilakukan di seluruh pintu masuk, seperti bandara dan pelabuhan. Pemeriksaan dilakukan secara whole genome sequencing kepada seluruh WNI atau WNA yang memiliki riwayat perjalanan ke negara dengan tingkat penyebaran Varian Mu tinggi, seperti Kolombia, Jepang, India, Hongkong, Ekuador. 

Whole genome sequencing merupakan upaya untuk mengetahui penyebaran mutasi virus SARS-Cov2 atau Covid-19. Per Senin (6/9), Varian Mu telah ditemukan di 46 negara. Untungnya, varian ini belum ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

Baca juga : Angka Kematian Harian Di Sumut Dan Aceh Masuk 5 Besar

Hingga kini, lanjut Plate, WHO mengkategorikan Varian Mu sebagai Variant of Interest (Vol) atau varian yang perlu kajian lebih lanjut terkait dampak dalam penularan dan tingkat laju penularannya. Pemerintah mendorong seluruh pemangku kebijakan di daerah untuk mendukung pemeriksaan whole genome sequencing dengan mengirimkan sampel. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses analisis dan pemeriksaan. 

“Pemerintah minta masyarakat untuk tak terjebak euforia penurunan kasus harian Covid-19 dan pembukaan di beberapa sektor secara gradual, karena potensi masuknya varian baru tetap ada. Seluruh masyarakat Indonesia harus tetap waspada dan disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta menyegerakan vaksinasi bagi yang belum,” pesan Johnny. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.