Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bicara Di Forum FPCI

Menlu Marise Payne: Kemitraan Indonesia-Australia, Lanjutkan!

Jumat, 10 September 2021 11:45 WIB
Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne. [Foto: Tangkapahn Layar YouTube FPCI]
Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne. [Foto: Tangkapahn Layar YouTube FPCI]

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai negara tetangga terdekat dan sahabat erat, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne ingin, negaranya bisa terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang. Terutama di sektor kesehatan, terkait penanganan pandemi Covid-19 hingga lingkungan terkait perubahan iklim.

"Di tengah banyaknya tantangan dan peluang yang dihadapi negara kita, kemitraan ini perlu dilanjutkan," kata Menlu Payne dalam acara virtual yang diadakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Kamis (9/9/2021).

Berita Terkait : Australia Ingin Perkuat Kemitraan Dengan Indonesia

Acara yang juga bisa disaksikan di kanal YouTube (A Keynote Speech by Australia’s Minister for Foreign Affairs — The Hon. Marise Payne) ini, disaksikan oleh hampir 2.000 viewer.

Dia mengatakan, kemitraan kedua negara telah memungkinkan Indonesia dan Australia melalui masa-masa sulit bersama, mulai dari upaya menghadapi krisis keuangan, serangan teroris, hingga bencana alam yang terjadi di kedua negara.

Berita Terkait : RI dan Australia Bahas Kondisi Afghanistan

Australia tetap ingin melanjutkan kerja sama untuk memastikan kesejahteraan, keamanan dan stabilitas di kedua negara, dan lebih luas lagi di kawasan Indo-Pasifik di masa mendatang.

Senator New South Wales sejak 1997 dari Partai Liberal ini juga menyinggung mengenai pandemi Covid-19, yang telah menimbulkan dampak luar biasa terhadap kesehatan dan kehidupan sosial masyarakat serta perekonomian di banyak negara, termasuk Indonesia dan Australia.

Berita Terkait : Pameran Di Swiss, Produk Furnitur Indonesia Laris Manis

"Besarnya perubahan dan dampak jangka panjang Covid-19 terhadap kedua negara kita dan di kawasan kita telah memengaruhi kesehatan, ekonomi dan cara hidup kita," kata dia.

Karena itu, lanjut Payne, Indonesia dan Australia sepakat meningkatkan kerja sama, demi mengatasi dampak pandemi Covid-19, terutama dalam penanganan wabah tersebut.
 Selanjutnya