Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Raih Priyadarshni Academy Dari Pemerintah India, Bukti Airlangga Menteri Andalan Jokowi

Kamis, 23 September 2021 21:40 WIB
Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menerima Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery the 37th Anniversary Global Awards Function secara virtual, Senin (20/9). (Foto: Ist)
Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menerima Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery the 37th Anniversary Global Awards Function secara virtual, Senin (20/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendapat anugerah Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery, pada pelaksanaan the 37th Anniversary Global Awards Function secara virtual, Senin (20/9). 

Ketua Fraksi Partai Golkar MPR yang juga Anggota Komisi VI DPR yang membidangi ekonomi, Idris Laena merasa bangga atas award dari Pemerintah India kepada Ketua Umum Partai Golkar ini.

"Menko Perekonomian, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sebagai sebagai tokoh Indonesia yang memberikan konstribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional dan penanganan Covid 19. Kami sebagai kadernya turut berbangga," kata Idris dalam keterangannya, Kamis (23/9).

Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) dianggap berkonstribusi nesar memformulasikan kebijakan yang koordinatif, komprehensif dan inklusif, termasuk gagasan kebijakan bantuan kepada Pemerintah India dalam penanganan Covid-19.

Baca juga : Di Laut Kita Jaya, Buktikan, Jenderal!

Dalam sambutannya saat mendapat penghargaan, Airlangga mengatakan, tidak ada negara yang menghadapi Covid-19 ini sendirian. Airlangga juga sangat menghargai kerja sama Indonesia dengan India.

Menurut Idris, pemberian penghargaan ini membuktikan bahwa negara lain memuji keberhasilan Presiden Joko Widodo dalam mengatasi persoalan ekonomi dan Pandemi Covid-19. Capaian gemilang ini tidak terlepas dari kerja keras Menko Airlangga.

"Saya berani mengatakan, dalam situasi Pandemi Covid-19, apalagi dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto menjadi menteri yang diandalkan Presiden Joko Widodo," tandasnya.

Priyadarshni Academy merupakan akademi yang memberikan layanan kepada kemanusiaan, utamanya di bidang sosial budaya dan pendidikan, yang telah menyelenggarakan Global Awards Function sejak didirikan pada 1985. Priyadarshni Academy Global Awards Advisory Committee diketuai ilmuwan Dr. Raghunath Anant Mashelkar. 

Baca juga : Mas Menteri Pendengar Yang Baik

Airlangga dinilai sebagai tokoh Indonesia yang memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional dan penanganan Covid-19, tidak hanya kepada Indonesia namun juga kepada India. Komite juga menilai Airlangga sebagai Ketua KPC-PEN, berkontribusi besar dalam memformulasikan langkah-langkah kebijakan yang koordinatif, komprehensif dan inklusif, termasuk menggagas kebijakan bantuan kepada Pemerintah India dalam menanggulangi pandemi Covid-19 berupa bantuan oksigen. 

Dalam sambutannya, Airlangga mengapresiasi kepercayaan Priyadarshni Academy dan Pemerintah India atas penghargaan yang diberikan. Dia menegaskan, penghargaan ini bukan hanya untuk dirinya, tapi untuk seluruh rakyat Indonesia yang saat ini sedang berjuang untuk memulihkan situasi ekonomi di tengah pandemi Covid-19. 

"Penghargaan ini merupakan suatu pengakuan atas hadirnya Kemenko Perekonomian dalam berikhtiar menjawab tantangan pandemi Covid-19 yang telah menimbulkan dinamika tantangan yang luar biasa dan unprecedented bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia," ujarnya. 

Airlangga menerima penghargaan bersama lima orang tokoh asal India, Korea Selatan, dan Inggris. Para tokoh tersebut dianugerahi Priyadarshni Academy Global Award tahun 2021 atas kontribusi signifikan di bidang ekonomi, gender, lingkungan, dan dunia hiburan. 

Baca juga : Bantu Pemerintah, Himbara Genjot Penyaluran Bansos

Mereka adalah Gautam Adani (Founder and Chairman Adani Group Ahmedabad, India), Sang-Hoon Bang (President & CEO The Chosunibo, Korea Selatan), Gurudev Sri Ravi Shankar (Founder The Art of Living Bengaluru, India), Lord Nicholas Stren (Chair Grantha Research Institute on Climate Change and Environment The London School of Economics, Inggris) dan Baroness Sandip Verma (Chair UN Women dan Member of The House of Lords, Inggris). 

Berbagai tokoh dunia yang telah menerima Priyadarshni Academy Global Awards di antaranya Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri pada the 14th Anniversary Global Awards untuk nominasi Global Award for Outstanding Contribution to Promotion of International Understanding, PM Jepang Shinzo Abe pada the 30th Anniversary Global Awards untuk nominasi Global Awards for Outstanding Contributions to Strengthening Indo-Japanese Relations, dan Menteri Negara Finlandia Elisabeth Renn pada the 34th Anniversary Global Awards untuk nominasi Global Awards for Outstanding Contribution to the Promotion of Peace and Crisis Management. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.