Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jika Pandemi Terus Berlanjut

Pemerintah Siapin Antisipasi Prokes

Rabu, 11 Agustus 2021 08:20 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto: BPMI Biro Pers)
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto: BPMI Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memerintahkan para pembantunya menyiapkan roadmap alias peta jalan jika pandemi Covid-19 terus berlanjut sampai bertahun-tahun.

Hal ini diungkapkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, kemarin. Menurut dia, salah satunya yang disiapkan terkait penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Bagaimana prokes yang kita miliki bisa jaga kita untuk tetap normal menjalankan aktivitas ekonomi dengan kondisi yang lebih aman,” kata Budi.

Baca juga : Komisi VI DPR: Pemerintah, Ayo Bangkitkan Optimisme Rakyat

Dia menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan membuat pilot project alias proyek percontohan yang mengatur penerapan protokol di enam sektor secara digital.

Pertama, perdagangan modern sepertial dan perdagangan tradisional seperti pasar dan toko kelontong. Kedua, kantor dan kawasan industri.

Ketiga, transportasi darat, laut, dan udara. Keempat, pariwisata hotel dan restoran. Kelima, keagamaan dan keenam, pendidikan.

Baca juga : Anies: Kalau Salah Jalan, Bisa Celaka

Aplikasi PeduliLindungi akan digunakan sebagai pijakan penerapan prokes. Nantinya, mereka yang melakukan kegiatan di enam sektor tersebut akan di-screening untuk melihat status vaksinasinya melalui aplikasi PeduliLindungi.

“Setiap kali check in akan langsung ketahuan status vaksinasi dan PCR (Polymerase Chain Reaction) secara digital, otomatis,” ungkap Budi.

Mereka yang sudah divaksinasi akan memperoleh kelonggaran dalam prokes. Misalnya, yang sudah vaksin bisa duduk berempat dalam satu meja dan bisa selamanya buka masker. Sementara yang belum, hanya boleh duduk berdua dalam satu meja, dan harus di ruangan terbuka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.