Dark/Light Mode

Produksi Terbatas, Pemerintah Terima Donasi Ribuan Oxygen Concentrator

Kamis, 5 Agustus 2021 13:56 WIB
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui kementerian kesehatan menerima 15 ribu bantuan 'Oxygen Concentrator' dari  gerakan donasi penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh masyarakat di berbagai sektor. 

Dari jumlah tersebut, sudah ada sekitar 6000 Oxygen Concentrator yang dibagikan ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen pasien Covid-19.

“Alhamdulillan bantuan ini sudah diterima dan oxygen ini untuk memenuhi kebutuhan 50 ribu oxygen concentrator yang ditargetkan oleh Kemenkes,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/8).

Baca juga : Bantu Selamatkan Pasien Covid, Tanoto Foundation Sumbang 3.000 Unit Oxygen Concentrator

Menkes mengibaratkan, oxygen concentrator ini sebagai pabrik oksigen mini yang bisa membantu memenuhi kebutuhan pasien- pasien yang dirawat di rumah sakit.

Hal itu dikarenakan produksi nasional oksigen di Indonesia tidak dapat mencukupi kebutuhan di tengah pandemi. Setiap harinya Indonesia hanya mampu memproduksi 1700 ton oksigen dan didominasi untuk penggunaan industri.

Sebelumnya, fasilitas kesehatan dan rumah sakit hanya membutuhkan 400 ton oksigen per hari, menjadi meningkat 5 kali lipat atau setara 2000 ton per hari

Baca juga : Ini Jurus Pemerintah Genjot Literasi Keuangan Bagi Generasi Muda

Untuk itu, pengadaan oxygen concentrator menjadi solusi di tengah keterbatasan produksi oksigen nasional mampu membuat oksigen dengan kapasitas 5-10 liter permenitnya asal ada akses menuju daya listrik baik dari saklar maupun baterai.

“Kita saat ini dalam proses mengadakan 50 ribu oxygen concentrator itu, setiap 1000 concentrator setara dengan 20 ton oksigen per hari. Sehingga dengan 50 ribu, kita bisa menyetarakan dengan 1000 ton per hari,” kata Budi dikutip Antara.

Menkes mengucapkan terima kasih atas gerakan solidaritas yang mendonasikan oxygen concentrator karena telah menolong banyak nyawa pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen dengan jumlah yang tidak sedikit.

Baca juga : Raih Emas, Axelsen: Terima Kasih Chen Long, Selamat Ginting!

Ia pun terus mengajak masyarakat untuk terus bergotong royong dan bersama- sama menyelesaikan pandemi Covid-19 agar bisa segera dikendalikan.

“Di momen hari Kemerdekaan, mari kita berikan hadiah ulang tahun yang terbaik dengan bergotong-royong, bekerja sama, dan merajut kekuatan sosial. Kita berhenti mencerca satu sama lain, atau saling menyalahkan. Tidak perlu mencari- cari kesalahan orang lain, kalau bersama kita pasti bisa dan Indonesia tetap terjaga,” tutupnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.