Dark/Light Mode

Ditegaskan Dirut RSPON Cawang

Pendarahan Otak Tukul Arwana Nggak Ada Hubungannya Dengan Vaksin Covid-19

Jumat, 24 September 2021 16:43 WIB
Pelawak Tukul Arwana. (Foto: Ist)
Pelawak Tukul Arwana. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Gejalanya tiba-tiba merasa pusing dan badan mendadak lemas. Ia menyebut 70 persen pengidap stroke pendarahan mengeluhkan sakit kepala diikuti dengan 60 persen mengalami penurunan kesadaran.

"Ada gejala lain kelemahan dari anggota gerak kemudian ada juga yang mengalami kejang banyak juga gejala yang lain," bebernya. 

Baca juga : Wamen Pensiun Dengan Tenang

Sebagian kasus membutuhkan tindakan operasi untuk mengambil bekuan darah dan mengurangi tekanan otak di sekitar perdarahan.

Untuk mencegah perdarahan otak, Mursyid Bustami menyarankan perlunya kontrol kondisi hipertensi, diabetes, dan faktor risiko lain secara rutin. Gaya hidup sehat juga berpengaruh, seperti istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan olahraga rutin.

Baca juga : Wapres Ingatkan Pelaku UMKM Segera Lakukan Vaksin Covid-19

Soal kondisi Tukul Arwana saat ini, pihak rumah sakit memilih untuk tidak membeberkannya lantaran alasan kode etik. Pihak rumah sakit menyarankan untuk menanyakan langsung kepada pihak keluarga.

"Tidak bisa kami sampaikan, karena berkaitan dengan rahasia medik pasien kita, kami sesuai dengan aturan yang berlaku. Kami tidak akan menyampaikan mengenai kondisi pasien," elak Bustami. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.