Dark/Light Mode

Dulu Ditetapkan Azis Syamsuddin Jadi Ketua KPK

Kini Firli Bahuri Tetapkan Azis Syamsuddin Tersangka

Sabtu, 25 September 2021 19:29 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri saat mengumumkan penetapan tersangka Azis Syamsuddin dalam konferensi pers di Gedung KPK, Sabtu (25/9) dini hari. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Ketua KPK Firli Bahuri saat mengumumkan penetapan tersangka Azis Syamsuddin dalam konferensi pers di Gedung KPK, Sabtu (25/9) dini hari. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Pemilihan itu dilakukan setelah dilakukan uji kepatutan dan kelayakan alias fit and proper test atas sepuluh nama calon komisioner KPK selama dua hari.

Usai menguji para calon pimpinan KPK, Aziz Syamsuddin yang saat itu menjabat Ketua Komisi III DPR RI, memutuskan lima calon terpilih.

Mereka yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pamolango, dan Lili Pintauli Siregar. Suara terbanyak diraih Firli yang merupakan mantan Deputi Penindakan KPK, dengan perolehan 56 suara.

Baca juga : Azis Syamsuddin Dipamerin Firli Cs Dalam Konferensi Pers

"Dengan demikian apakah lima orang ini bisa disepakati?" tanya Ketua Komisi III, Azis Syamsudin dalam rapat pleno yang kemudian disambut koor "setuju" seluruh anggota Komisi III, Kamis (12/9/2019) malam.

Setelah voting, rapat diskors selama lima menit, untuk menentukan ketua KPK. Berdasarkan kesepakatan seluruh fraksi di DPR, Komisi III akhirnya sepakat memilih Firli Bahuri sebagai Ketua KPK periode 2019 -2023.

"Berdasarkan diskusi, musyawarah dari seluruh perwakilan fraksi yang hadir menyepakati untuk menjabat Ketua KPK masa bakti 2019-2023 sebagai ketua adalah saudara Firli Bahuri," tutur Azis.

Baca juga : Tiba Di KPK, Azis Syamsuddin Ngibrit Hindari Wartawan

Usai voting, lima komisioner terpilih itu menandatangani komitmennya dengan Komisi III di atas kertas bermaterai.

Sebelumnya hal tersebut belum pernah terjadi usai pemilihan komisioner KPK. Kemudian, nama-nama para komisioner terpilih itu dibawa ke rapat paripurna DPR untuk disahkan sebagai komisioner KPK.

Kelima komisioner KPK itu selanjutnya dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jumat (20/12/2019). Kini, pada hari Jumat pula, giliran Azis yang "dilantik" jadi tersangka oleh Firli. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.