Dark/Light Mode

Puan Harap Terminal Baru Bandara Mopah Permudah Akses Transportasi Rakyat

Minggu, 3 Oktober 2021 20:35 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (kedua kiri) mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Baru Bandar Udara Mopah Merauke, Papua.
Ketua DPR RI Puan Maharani (kedua kiri) mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Baru Bandar Udara Mopah Merauke, Papua.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Baru Bandar Udara Mopah Merauke, Papua. Ia pun berharap peningkatan infrastruktur di bidang transportasi tersebut dapat semakin mempermudah akses rakyat.

Peresmian ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Papua, tifa dan penandatangan prasasti oleh Presiden Jokowi, Minggu (3/10/2021).

Selain Puan, Jokowi didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Bupati Merauke Romanus Mbaraka.

Baca juga : Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah Merauke

“Di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita tidak ingin ada daerah yang terisolasi atau sulit diakses,” kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR ini pun mendukung peningkatan infrastruktur di bidang transportasi.

Puan berharap dengan perluasan terminal penumpang baru seluas 7.200 meter Bandara Mopah Merauke bisa mendatangkan sebanyak-banyaknya manfaat bagi rakyat, khususnya masyarakat Papua.

Baca juga : Ultah Ke-23, Bank Mandiri Jaga Kinerja Lewat Transformasi Digital

“Terminal baru Bandara Mopah Merauke harus semakin mempermudah akses transportasi masyarakat. Dengan peningkatan ini, saya juga berharap orang semakin gampang datang ke Merauke untuk melihat indahnya wilayah ujung timur Indonesia,” tuturnya.

Puan mengatakan, setiap bagian dari wilayah Indonesia harus bisa terhubung baik secara darat, laut, maupun udara. Oleh karenanya dibutuhkan penguatan bandara-bandara di wilayah 3TP (Tertinggal, Terdepan, Terluar, dan Perbatasan).

“Termasuk dengan penguatan Bandara Mopah Merauke melalui pembangunan terminal baru,” ujar Puan yang hadir dengan memakai tas noken khas Papua.

Baca juga : Harhubnas 2021, Angkasa Pura II Perkuat Sistem Transportasi Nasional

“Kita harus bisa membayangkan bahwa nantinya orang dari Sabang tidak akan bingung bagaimana jalur dan transportasinya kalau ingin menjelajahi Merauke,” imbuh mantan Menko PMK tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.