Dark/Light Mode

Ultah Ke-23, Bank Mandiri Jaga Kinerja Lewat Transformasi Digital

Minggu, 3 Oktober 2021 11:12 WIB
Ultah Ke-23, Bank Mandiri Jaga Kinerja Lewat Transformasi Digital

RM.id  Rakyat Merdeka - Di usianya ke-23 tahun, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melakukan lompatan (quantum leap) untuk menyediakan solusi perbankan digital yang andal kepada nasabah, dengan meluncurkan Financial Super App Livin' By Mandiri.

Aplikasi ini untuk menghadirkan customer experience selayaknya layanan Cabang dalam genggaman serta Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri untuk memberikan solusi keuangan terbaik bagi nasabah perusahaan melalui digitalisasi wholesale banking.

Berita Terkait : Fadel Muhammad Harap Peran Senator Diperkuat

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan, dengan didukung oleh digitalisasi sampai dengan posisi akhir Agustus 2021 Bank Mandiri berhasil mengoptimalkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK), serta mampu menekan biaya dana dengan lebih efisien.

Optimalisasi tersebut tercermin dari total DPK (bank only) Bank Mandiri per Agustus 2021 yang menembus Rp 933,04 triliun, tumbuh 8 persen secara yoy dengan rasio CASA terhadap DPK sebesar 72,86 persen. Cost of Fund (CoF) berada di angka 1,67 persen atau menurun sebesar 110 bps secara year on year.

Berita Terkait : KAI Kembangkan Transportasi Massal Di Jabodetabek

"Pertumbuhan dari sisi kredit juga selaras dengan upaya pemulihan ekonomi Indonesia. Telihat sampai dengan akhir Agustus 2021 total penyaluran kredit Bank Mandiri secara bank only tumbuh sebesar 8,06 persen yoy," jelasnya di Jakarta, Minggu (3/10).

Darmawan menambahkan, salah satu bukti keberhasilan digitalisasi pada Bank Mandiri ini tercermin pula dari meningkatnya jumlah pengguna Financial Super App Livin' By Mandiri yang mencapai 8,2 juta di akhir Agustus 2021 meningkat sebesar 50 persen, jika dibandingkan dengan periode setahun sebelumnya.

Berita Terkait : HUT Ke 76, KAI Sampaikan Pentingnya Transformasi Digital

Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna, laju transaksi finansial nasabah Bank Mandiri melalui Livin' by Mandiri juga melesat hingga 63 persen yoy menembus 607,5 juta transaksi dengan nilai transaksi menyentuh Rp 1.008 triliun per akhir Agustus 2021.

Selaras dengan tema HUT ke-23 Mandiri Jadi Digital, perseroan telah mampu mendigitalisasi hampir seluruh layanan transaksi nasabah Bank Mandiri. Hasilnya, hingga kuartal III 2021 lebih dari 95 persen transaksi perbankan Bank Mandiri dapat dilakukan secara digital.
 Selanjutnya