Dark/Light Mode

Pesan Kiai Ma’ruf Amin

Waspada Potensi Kasus Virus Corona Naik Lagi

Rabu, 6 Oktober 2021 07:20 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi peningkatan kasus penularan Covid-19. (Foto: Setpres)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi peningkatan kasus penularan Covid-19. (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi peningkatan kasus penularan Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. Jangan merasa nyaman terhadap penurunan kasus saat ini.

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan usai mengikuti rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Wapres secara virtual, kemarin.

Baca juga : PKS: Waspadai Lonjakan Kasus Covid Singapura!

“Bapak Wakil Presiden dalam rapat terbatas tadi mengingatkan, agar kita tetap waspada dan hati-hati. Risiko peningkatan kasus masih tinggi dan dapat terjadi sewaktu-waktu,” tegas Luhut.

Dalam ratas itu, eks Menko Polhukam ini membeberkan beberapa kemajuan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Sebanyak 20 kabupaten dan kota di Pulau Jawa mempertahankan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2, dengan dominasi di Semarang Raya dan Solo Raya.

Baca juga : Pangandaran Dipenuhi Wisatawan, Luhut Takut Corona Ngamuk Lagi

Sementara, Kota Blitar di Provinsi Jawa Timur, akan melakukan uji coba penerapan PPKM Level 1 karena telah memenuhi syarat sesuai indikator Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Cakupan indikator untuk menjadi PPKM Level 1, antara lain sekitar 75 persen masyarakat umum dan 60 persen masyarakat lanjut usia (lansia) di daerah tersebut telah divaksin dosis pertama.

Baca juga : PPKM Diperpanjang Lagi, Airlangga: Tetap Waspada Meski Kasus Turun

Terpisah, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito juga mengingatkan, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan lantaran pandemi belum selesai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.