Dewan Pers

Dark/Light Mode

Siapkan SDM, Disdik Jabar Buka 12 Jurusan Baru Di 17 SMK

Rabu, 6 Oktober 2021 05:58 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi (tengah).
Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi (tengah).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar) membuka 12 jurusan baru atau kompetensi keahlian di 17 sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) di Kawasan Metropolitan Rebana, Jawa Barat.

Kawasan Metropolitan Rebana ini meliputi Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Indramayu serta Kabupaten Cirebon.

Hal itu guna mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) menyambut pengembangan kawasan Rebana yang saat ini mulai digaungkan.

Jurusan baru yang dibuka tersebut di antaranya meliputi jurusan logistik, teknik mekanik industri, teknik elektronika industri hingga tata boga.

Berita Terkait : Tahun Depan PNM Bidik 1,2 Juta Nasabah Baru

Penyerahan Surat Keputusan Kompetensi Keahlian Baru di Kawasan Metropolitan Rebana Tahun 2020-2023 tersebut dilakukan di SMKN 1 Mundu, Jalan Kalijaga Mundu Pesisir, Cirebon, Jumat (1/10).

“Peresmian penambahan 12 jurusan sekolah SMK ini, di lakukan di Kantor Cabang Dinas X Wilayah Cirebon yang mencakup SMK yang ada di Wilayah Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Indramayu serta Kabupaten Cirebon, tepatnya bagi daerah Metropolitan Rebana,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi, Selasa (5/10).

Dedi mengatakan, program kompetensi keahlian baru tersebut bertujuan menjadikan SDM yang mampu menghadapi tantangan di Metropolitan Rebana.

Selain itu, memicu setiap SMK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya sesuai tuntutan kebutuhan dunia kerja.

Berita Terkait : Yang Dites PCR Bertambah 16.390, Kasus Baru Naik 2.057

“Dengan ada 12 jurusan baru ini dapat meningkatkan kerja sama yang lebih erat antara lembaga pendidikan (SMK) dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) dan asosiasi profesi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum yang hadir secara virtual menyatakan, Cirebon-Subang-Majalengka-Indramayu termasuk daerah rebana yang akan menjadi skala prioritas dalam pembangunan.

“Persiapkanlah orang-orang yang akan memberikan pendidikan. Persiapkan pula sarana dan prasarana menuju rebana di masa yang akan datang,” ucapnya.

Ke-17 SMKN yang membuka kompetensi keahlian baru yaitu wilayah Subang, SMKN 1 Subang yaitu teknik logistik dan tata boga, SMKN 2 Subang yaitu teknik logistik dan teknik alat berat, SMKN 1 Cipendeuy yaitu lanskap dan pertamanan.

Berita Terkait : Di Depan DPD, Risma Jabarkan 2 Strategi Penanganan Kemiskinan

Kemudian, SMKN 1 Cipunagara yaitu teknik pengelasan dan teknik mekanik industri, SMKN 1 Binong yaitu teknik elektronika industri, SMKN 1 Pusakanagara yaitu teknik alat berat dan teknik logistik.

Wilayah Majalengka, SMKN 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka yaitu tata boga, SMKN 1 Kertajati yaitu teknik logistik. Wilayah Indramayu, SMKN 1 Lelea yaitu tata boga, SMKN 1 Losarang yaitu kimia industri.

SMKN 1 Kadanghaur yaitu kimia industri, SMKN 1 Cikedung yaitu farmasi klinis dan komunitas serta tata boga, SMKN 1 Arahan yaitu teknik instalasi tenaga listrik dan desain grafika, SMKN 1 Jatibarang yaitu teknik pendinginan dan tata udara, SMKN 2 Indramayu yaitu teknik pengelasan. [DR]