Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sandi Dorong Jakarta Utara Jadi Ikon Baru Ekonomi Kreatif Di DKI

Sabtu, 4 September 2021 20:18 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Foto: Dok. Kemenpar Ekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Foto: Dok. Kemenpar Ekraf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terus mendorong pengembangan potensi pelaku ekonomi kreatif melalui program Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif). Sandi menggelar workshop mengenai KaTa Kreatif ini di 36 kabupaten dan kota di Indonesia. Dua di antaranya digelar di DKI Jakarta, yaitu Jakarta Barat dan Jakarta Utara

Sandi menegaskan, DKI Jakarta mempunyai potensi yang cukup banyak untuk pengembangan potensi pelaku ekonomi kreatif. Termasuk juga Jakarta Utara.

Berita Terkait : Gandeng Kemenparekraf, Adira Gelar Festival Kreatif Lokal

"Pelatihan ini diikuti dengan pendampingan. Workshop ini akan dilanjutkan dengan pendampingan mengenai akses pemasaran, kemudahan perizinan, pelaporan keuangan, dan akses pembiayaan," paparnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (4/9).

Program ini menyasar para pelaku UMKM yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Berdasarkan data di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dari 60 juta pelaku UMKM di Indonesia, 42 juta di antaranya bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Berita Terkait : Menaker Dukung Kebijakan Ekonomi Inklusif Bagi Difabel

"Ini merupakan suatu bentuk pendekatan 360 derajat. Kami memberikan suatu ekosistem atau jejaring agar UMKM kreatif ini bisa bangkit dan berkembang," jelas mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Sandi menyebutkan, program ini juga bertujuan menunjang pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Ibu Kota. "Kami akan mendorong potensi-potensi ini untuk menjadi ikon Jakarta Utara,” tegasnya. 

Berita Terkait : Gangguan Mesin, Batik Air Aceh-Jakarta Mendarat Darurat Di Kualanamu

Menurut Sandi, Jakarta Utara memiliki potensi yang bagus untuk mengembangkan pariwisata kemaritiman. Dia berharap, Jakarta bagian pesisir ini bisa menjadi ikon Ibu Kota selain yang sudah ada saat ini. [USU]