Dark/Light Mode

Ini Empat Skill Utama Calon Pemimpin Bangsa Di Era Transformatif

Jumat, 8 Oktober 2021 17:47 WIB
Pertemuan pemimpin muda Kader 
Bangsa Fellowship Program (KBFP) Angkatan 9 yang digelar secara hybrid. (Foto: Zoom)
Pertemuan pemimpin muda Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) Angkatan 9 yang digelar secara hybrid. (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengingatkan generasi muda untuk mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin bangsa di era transformatif.

Menurut Denni, setidaknya ada empat skills utama yang wajib dimiliki. Keempatnya yakni self leadership, mampu berpikir kritis, memiliki interpersonal, dan pemahaman literasi yang baik.

Baca juga : KBRI Den Haag Dukung Pemajuan Perempuan Dalam Bidang Sains

Sebagai calon pemimpin bangsa, lanjutnya, peserta Kader Bangsa Fellowship Program Angkatan 9 harus memiliki dan menggunakan empat skills tersebut.

"Dan berani menciptakan perbedaan, membuat dampak besar, serta melakukan langkah-langkah reformasi dalam kehidupan sesuai bidang yang ditekuni masing-masing," ujar Denni dalam pertemuan pemimpin muda Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) Angkatan 9.

Baca juga : HUT Ke 76, KAI Sampaikan Pentingnya Transformasi Digital

Denni mengatakan, kehadiran Kartu Prakerja menunjukkan pemerintah hadir mendorong anak muda untuk memiliki skills yang mumpuni..

Sekaligus menjawab problem ketenagakerjaan di Indonesia. Yakni, kecilnya lowongan kerja dan rendahnya skill angkatan kerja. Kartu Prakerja menghadirkan solusi dengan berbagai reformasi berkelanjutan kepada publik.

Baca juga : HNW: Empat Pilar Hasil Konsensus Bangsa Wajib Dipertahankan

"Jadi anak muda harus memanfaatkan platform yang ada untuk meningkatkan kemampuan dan mengimplementasikannya. Jangan hanya plan atau wacana, karena rakyat perlu action. Di sinilah dibutuhkan para warriors atau para pemimpin muda," tandas Denny.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, era new normal membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan dan responsif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.