Dark/Light Mode

Ketua KPK Minta Pemprov Kaltim Revisi Rencana Kerja Tahunan

Rabu, 13 Oktober 2021 19:38 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Humas KPK)
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Humas KPK)

 Sebelumnya 
Misalnya saja, KPK menilai, Pemprov Kaltim perlu memberi perhatian pada angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi yang masih tinggi di atas angka nasional. Selain itu, Firli juga menyampaikan tujuan mulia dari hubungan kerja tersebut.

"Bahwa apa yang tercapai hari ini adalah bagian dari Trisula Pemberantasan Korupsi dan telah membawa kita semua lebih dekat pada tujuan negara, yang sesuai dengan Alinea 4 Pembukaan UUD RI 1945, tujuan dan tugas pokok KPK sebagaimana UU No. 19 tahun 2019," bebernya.

Baca juga : Jatim Minta Konektivitas Vaksinasi Dengan Arab Saudi

KPK memandang, sinergisitas KPK dengan eksekutif, legislatif, kementerian dan lembaga akan secara signifikan menutup celah-celah korupsi.

Kerja keras KPK untuk membebaskan negara dari praktik-praktik korupsi akan dilakukan dengan strategi trisula pemberantasan korupsi.

Baca juga : Ketua DPD Minta Pemprov Aceh Tindak Tegas Calo PNS

Strategi itu yakni pendidikan masyarakat dilakukan agar penyelenggara pemerintahan atau masyarakat tidak ingin melakukan korupsi.

Kemudian, pencegahan dengan perbaikan sistem menutup celah serta peluang melakukan korupsi. Dan terakhir, strategi penindakan yang profesional adalah jurus terakhir agar semua pihak belajar dan takut menanggung akibat jerat kekuatan hukum.

Baca juga : Wakil Ketua MPR: Pandemi Tumbuhkan Sikap Toleransi Dan Kebersamaan

Penindakan tidak hanya bertujuan pemidanaan, KPK saat ini akan sangat mengejar penyelamatan kerugian negara (asset recovery).

"Kami minta masyarakat bersama KPK turut mengawasi seluruh tata kelola pemerintahan dan setiap individu yang berkuasa di Pemprov Kaltim. Karena peran serta masyarakat adalah kunci utama pemberantasan korupsi di Indonesia," tegas Firli.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.