Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hati-hati, 1 Dari 3 Orang Terinfeksi Covid Tidak Bergejala, Tetap Disiplin Prokes Ya

Selasa, 5 Oktober 2021 08:00 WIB
ilustrasi OTG. (Foto: Freepik).
ilustrasi OTG. (Foto: Freepik).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasien Covid-19 umumnya menunjuk­kan gejala seperti batuk, sesak dan demam. Kendati ada juga sebagian masyarakat yang terpapar, tapi tidak menunjukkan gejala. Nah, yang tak bergejala itu harus diwaspadai.

Orang Tanpa Gejala (OTG) jumlahnya cukup banyak. KPCPEN#PakaiMasker dalam meme yang diunggah di akun Instagramnya menye­butkan, 1 dari 3 orang yang terinfeksi Covid-19 tidak mengalami gejala.

“Makanya, walau sudah divaksinasi dan terlihat sehat, penting untuk kita tetap pakai masker dengan tepat selama beraktivitas den­gan orang lain,” ujarnya.

KPCPEN#PakaiMasker juga mengimbau masyarakat selalu menjaga jarak, setidaknya 1 meter dari orang lain dan menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun atau gunakan hand sanitizer. Termasuk juga menghindari tempat ramai dan tertutup yang berventilasi buruk.

Berita Terkait : Bali Lama Tertidur, Kini Mulai Ramai Lagi, Wisatawannya Disiplin Prokes Ya!

“Ingat, tutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin,” tambah KPCPEN#PakaiMasker.

Akun @xnadiarax membenarkan banyak orang terpapar Covid-19 tanpa gejala. Dia bilang, orang tersebut dapat menularkan virus kepada orang lain tanpa dia sadari.

“Orang tanpa gejala lebih kuat imunnya saat terkena Covid-19 dan lebih rendah persentase menularkan kepada orang lain. Tapi bukan sama sekali nggak bisa nularin ya,” kata @rezaabdulaziz4.

“Ini menyebabkan mereka lebih menularkan virus, sehingga peran dalam pengendalian wabah harus lebih mendapat perhatian,” wanti-wanti dia.

Berita Terkait : Bantu Tangani Covid, Polda Metro Gelar Vaksinasi Di Cisauk Tangerang

Akun @irasjafli mengungkapkan, setiap hari ada saja pasien Covid-19 tanpa gejala yang diketahui lewat skrining. Bukti, penu­laran itu sebenarnya belum berhenti, sekalipun pasien di rumah sakit menurun.

“Semoga tidak terjadi mutasi lagi, me­lainkan virus melemah dan menghilang sejalan banyak orang yang imun,” harapnya.

“Kita dibuat lebih waspada lagi oleh virus ini. Karena dari perkembangannya, virus ini dapat menyerang siapa pun tanpa gejala,” ujar @awndberl.

Akun @disperindag_jbr mengajak masyarakat tetap mematuhi protokol kes­ehatan dan tetap waspada. Soalnya, siapa pun yang dijumpai dapat menjadi OTG virus Corona.

Berita Terkait : Aturan Vaksin Covid Dosis Tiga Berbayar Rampung Pekan Depan

“Yang belum divaksin, silakan vaksin. Karena kalau orang tanpa gejala dan anterin anak bisa menularkan virus Covid-19. Jadi penting banget prokes jalan terus,” tandas @mporatne.

Akun @HjGenerik menuturkan setiap orang yang terpapar Covid-19 memiliki respons tubuh yang berbeda-beda. Ada yang tanpa gejala, gejala ringan, sedang, bahkan gejala berat. Dia menyarankan, orang tanpa gejala dan gejala ringan melakukan isolasi mandiri di rumah selama 10-14 hari.

“Untuk orang gejala sedang dan berat disarankan mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah sakit terdekat,” sarannya. [TIF]