Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemal Ataturk Mau Jadi Nama Jalan Di Menteng

Anies Digoyang Karib Tersayang

Senin, 18 Oktober 2021 08:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana Pemprov DKI Jakarta menjadikan Presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk sebagai nama jalan di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, menuai polemik. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan langsung kena getahnya. Tak hanya oleh lawan politiknya, Anies juga digoyang sahabat-sahabat tersayangnya.

Kabar rencana pergantian nama jalan ini pertama kali dihembuskan Duta Besar Republik Indonesia di Ankara, Muhammad Iqbal. Kata dia, Indonesia berencana mengganti nama salah satu jalan di Jakarta dengan nama Kemal Ataturk.

Baca juga : Pertamina Ajak Masyarakat Melek Energi Baru Terbarukan

“Kami sudah meminta komitmen dari Pemprov DKI Jakarta untuk pemerintah memberikan nama jalan dengan founding father-nya Turki di Jakarta,” kata Iqbal dalam acara Ngopi Virtual, Jumat (15/10).

Iqbal mengaku sudah memberikan data terkait karakter hingga panjang jalan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satu opsi yang ditawarkan, yakni jalan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. “Itu yang nantinya akan diberikan nama founding father Turki,” tutur Iqbal.

Baca juga : Jurnalis Maria Ressa Dan Dmitry Muratov Diganjar Nobel Perdamaian

Sejauh ini, katanya, Pemprov DKI dan KBRI Ankara masih menunggu kepastian nama yang akan digunakan sebagai jalan. “Kita tahu bahwa nama pendiri bangsa Turki adalah Mustafa Kemal Ataturk. Ia pendiri bangsa Turki, Ataturk sendiri artinya bapak bangsa Turki,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, pemerintah Turki telah memberikan nama Jalan Ahmet Soekarno di Ankara. “Sebagai balasan, Indonesia akan memberi nama salah satu jalan di Jakarta dengan tokoh pendiri bangsa Turki itu,” kata Retno saat kunjungan bilateral ke Turki (12/10).

Baca juga : Apes Bener, Presiden Prancis Dilempar Telur

Nantinya, nama jalan itu akan diresmikan langsung Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan saat melakukan lawatan ke Jakarta, awal tahun 2022.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria membenarkan hal tersebut. Katanya, rencana ini merupakan bagian dari kerja sama Indonesia dan Turki. “Jadi sama-sama ini, Insya Allah bagian dari kerja sama antara Indonesia dan pemerintah Turki,” ucapnya, di Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.