Dewan Pers

Dark/Light Mode

Obat Virus Corona Asal China Masuk Uji Klinis Tahap 3

Rakyat Sudah Nggak Sabar Keluar Dari Pandemi Covid

Rabu, 20 Oktober 2021 06:20 WIB
Ilustrasi obat molnupiravir.(SHUTTERSTOCK/Sonis Photography).
Ilustrasi obat molnupiravir.(SHUTTERSTOCK/Sonis Photography).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah tengah memantau perkembangan penelitian obat Covid-19. Upaya mengubah pandemi menuju endemi.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku tengah menjajaki tiga obat al­ternatif untuk Covid-19. Ketiga Obat itu adalah Molnupiravir dari perusahaan farmasi Merck AT-527 yang dikembangkan Roche dan Athea Pharmaceutical, serta Proxalutamide.

“Obat-obatan yang menjanjikan terus kita monitor perkembangannya. Obat-obatan ini sudah masuk uji klinis tahap tiga,” ujar Budi dalam konferensi pers secara virtual terkait perpanjangan PPKM Level 1-4.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers secara virtual terkait perpanjangan PPKM Level 1-4.

Berita Terkait : Luhut: Kita Nggak Mau Cuma Jadi Pembeli

Saat ini, kata mantan Dirut Bank Mandiri itu, pemerintah sedang mempelajari obat Proxalutamide yang diproduksi Suzhou Kintor Pharmaceuticals dari China. Obat ini sudah masuk uji klinis tahap ketiga di Indonesia dan sedang dalam pengawasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Sehingga kita bisa lebih cepat mengetahui kecocokan dari obat-obatan Covid-19 baru ini agar bisa digunakan ke rakyat,” ujarnya.

Budi berharap, dengan adanya obat-obatan antivirus dan vaksinasi, Indonesia akan me­masuki transisi pandemi menjadi endemi.

Berita Terkait : Ayo Vaksin Dan Disiplin Prokes, Insya Allah Kita Bisa Keluar Dari Pandemi Covid-19

“Dengan laju penyuntikan 2,2 juta dosis vaksin Covid-19 per hari, diperkirakan sam­pai akhir tahun kita bisa mendekati 300 juta suntikan dan 168 juta rakyat sudah bisa suntik dari target 208 juta,” terangnya.

Netizen meminta pemerintah gerak cepat mencari obat Covid-19. Semakin cepat ditemukan obat virus Corona, maka semakin cepat pula Indonesia menuju endemi.

Akun @Aryprasetyo85 mengatakan, secara khusus pemerintah tengah memantau perkembangan obat Covid-19. Indonesia akan masuk era baru setelah pandemi Covid- 19. “Sosialisasi program protokol kesehatan (prokes), vaksinasi tetap jalan,” ujarnya.

Berita Terkait : Netizen Sudah Nggak Sabar Kapan Anak Divaksin Covid

Akun @riverheaven menyambung. Dia bilang, saat ini pemerintah terus berupaya menurunkan kasus Covid-19 dengan cara menggencarkan vaksinasi Covid-19.
 Selanjutnya