Dark/Light Mode

9 Lompatan Besar Kemnaker Demi Sejahterakan Bumi Cendrawasih

Kamis, 7 Oktober 2021 11:33 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerima kunjungan Staf Khusus Presiden, Billi Mambrasar (kiri), di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan, Rabu (6/10).
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerima kunjungan Staf Khusus Presiden, Billi Mambrasar (kiri), di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan, Rabu (6/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen mengembangkan kompetensi tenaga kerja di Papua dan Papua Barat.

Komitmen tersebut sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9/2020, tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di kedua wilayah tersebut.

Baca juga : Bandara Mopah Siap Kerek Ekonomi Bumi Cendrawasih

"Kementerian Ketenagakerjaan terus membangun untuk kesejahteraan Papua dan Papua Barat dengan mengembangkan kompetensi SDM setempat," kata Menaker, saat menerima kunjungan Staf Khusus Presiden, Billi Mambrasar, di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan, Rabu (6/10).

Menurutnya, dalam upaya mengembangkan tenaga kerja di dua provinsi paling Timur Indonesia itu, pihaknya tengah melakukan sembilan lompatan besar Kemnaker. Yakni, transformasi Balai Latihan Kerja (BLK), link and match ketenagakerjaan, transformasi program perluasan kesempatan kerja, pengembangan talenta muda, perluasan pasar kerja luar negeri, visi baru hubungan industrial, reformasi pengawasan, ekosistem digital SIAPKerja, serta reformasi birokrasi.

Baca juga : Kemnaker Dongkrak Peran dan Fungsi Pengantar Kerja

"Dari sembilan lompatan besar ini, kita bisa sinergikan dan kerjasamakan tugas kami dan yang sudah dilakukan Mas Billi, yang mendapat arahan Pak Presiden Jokowi untuk kemajuan Papua dan Papua Barat," ujar Ida.

Di kesempatan yang sama, Billi Mambrasar mengapresiasi sembilan lompatan besar yang digagas menteri asal PKB itu. Kata dia, agenda tersebut berdampak besar terhadap pengembangan kompetensi tenaga kerja. "Barusan kami diskusi dengan Bu Menteri. Dari diskusi ini, sembilan lompatan memiliki dampak yang luar biasa," ungkapnya.

Baca juga : Cegah Penyebaran Corona, Epidemiolog Setuju Hapuskan Cuti Bersama

Billi menyatakan, pihaknya dan Kemnaker akan membahas lebih lanjut upaya memajukan Papua dan Papua Barat. "Kita juga berdiskusi kemungkinan berkolaborasi dan bekerja sama untuk percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat," sebut dia. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.