Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perkuat Komunikasi Publik, Polri Genjot Kinerja Humas

Kamis, 21 Oktober 2021 23:22 WIB
Karopenmas Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono saat pertemuan Bakohumas bertajuk Transformasi Humas Polri Guna Penguatan Komunikasi Dalam Rangka Mewujudkan Polri Yang Presisi, Kamis (21/10). (Foto: Ist)
Karopenmas Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono saat pertemuan Bakohumas bertajuk Transformasi Humas Polri Guna Penguatan Komunikasi Dalam Rangka Mewujudkan Polri Yang Presisi, Kamis (21/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri menyadari betul pentingnya hubungan masyarakat (humas) dalam penguatan komunikasi publik. Untuk itu, komitmen terhadap peningkatan kinerja terus dilakukan terutama dalam mewujudkan Polri yang Presisi.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Prabowo Argo Yuwono dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Biro Pusat Informasi dan Data (PID) Polri Brigjen Pol Moh Hendra Suhartiyono pada pertemuan bakohumas bertajuk 'Transformasi Humas Polri Guna Penguatan Komunikasi Dalam Rangka Mewujudkan Polri Yang Presisi' yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (21/10).

Dalam kepemimpinan Polri, lanjut Argo, presisi akan ditekankan pada pentingnya kemampuan pendekatan pemolisian prediktif, yang disertai dengan responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

"Pemolisian prediktif diimplementasikan dalam model pemolisian yang mengedepankan kemampuan untuk memprediksi situasi dan kondisi yang menjadi isu dan permasalahan serta potensi gangguan kamtibmas," katanya.

Baca juga : Dubes Roem Kono Ajak Diaspora Indonesia Genjot Kerja Sama Ekonomi

Pemolisian prediktif, kata Argo, tidak hanya diterapkan pada tataran strategis tapi juga dalam mengambil langkah yang bersifat taktis dan teknis di lapangan.

Karopenmas Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menambahkan, pihaknya telah meningkatkan hubungan dengan insan pers yang mengedepankan sinergitas dalam pembuatan konten positif, baik mengenai Polri maupun dalam pemeliharaan kamtibmas.

"Kita sudah membangun kemitraan dengan media mainstream konvensional," jelasnya.

Sementara itu Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo/Ketua Bakohumas Usman Kansong mengingatkan sesuai Inpres Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, Pemerintah menyampaikan informasi, kebijakan, dan program melalui berbagai saluran komunikasi secara cepat dan tepat, untuk terus mengimbangi arus pemberitaan di media massa.

Baca juga : Kemnaker Perkuat Komitmen Pemda Untuk Pekerja Disabilitas

Tujuannya, untuk meraih kepercayaan masyarakat. Namun, ia menilai, di era Post Truth sekarang ini kebenaran, fakta, dan bukti tidak terlalu penting lagi sepanjang narasi, cerita, dan pemikiran diterima berdasarkan kesamaan pandangan, pikiran, dan keyakinan.

Karena itu, tumbuh subur cara-cara manipulatif yang menyihir orang untuk percaya berdasarkan prinsip-prinsip di luar penalaran dan akal sehat.

Dirjen IKP Kemenkominfo selaku Ketua Bakohumas meminta humas pemerintah harus bertransformasi sesuai dengan perkembangan zaman, dengan bersinergi internal dan eksternal.

"Tujuannya meminimalisi kecurigaan dan ketidak percayaan hubungan antara publik dan pemerintah, menggelorakan semangat kerja dan pembangunan dalam rangka mewujudkan cita-cita negara, serta menjaga stabilitas dan ideologi negara," tegasnya.

Baca juga : Elit Politik Kudu Optimalkan Medsos

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto menegaskan, humas di era digital harus juga melayani dengan komunikasi dan informasi secara digital. Di sini, lanjut Adi, dibutuhkan kombinasi unik antara intuisi, nalar, analitik, empati serta kreativitas yang tdk terbatas, yang tidak akan bisa digantikan oleh artificial inteligence.

Adi mengingatkan pentingnya peningkatan SDM kehumasan pemerintah dalam mengikuti perkembangan tekhnologi yang sedang terjadi. Forum Bakohumas ini diikuti oleh para fungsional kehumasan Kementerian dan Lembaga di Jakarta. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.