Dark/Light Mode

Bersihkan Jalan Thamrin, Anies Dinyinyirin Loyalis Ahok

Jumat, 24 Mei 2019 08:56 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ikut bersih-bersih 
kawasan MH. Thamrin, Kamis (23/5). ( IG@jktinfo).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ikut bersih-bersih kawasan MH. Thamrin, Kamis (23/5). ( IG@jktinfo).

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksi Anies Baswedan bersih-bersih jalanan Thamrin jadi sorotan war￾ganet. Ada yang mendukung dan memuji aksi Gubernur DKI Jakarta.

Sebagian lagi ada yang nyinyirin, terutama dari para loyalis Ahok. Situasi Jakarta, terutama di sekitar Gedung Bawaslu di Jalan MH Thamrin, Kamis (23/5), mulai kondusif. Jalan Wahid Hasyim yang sebelumnya ditutup sudah bisa dilewati kendaraan.

Namun, aksi 22 Mei itu membuat jalanan Thamrin kotor. Sisa-sisa bentrokan seperti sisa pembakaran masih terlihat di beberapa sudut jalan. Batu-batu berserakan. Beberapa pagar dan pohon yang rusak terlihat di sekitar lokasi.

Selain itu, efek gas air mata masih terasa menyengat, terutama di sekitar perempatan Sarinah. Para pejalan kaki terpaksa harus menutup mulut dan hidung untuk mengurangi dampak gas air mata.

Keluhan soal gas ini sempat jadi perbincangan warganet. Sejak pagi, petugas kebersihan sebenarnya sudah mulai membersihkan jalanan. Seperti mengangkut batang pohon yang patah, pagar yang ambrol dan sisa-sisa kebakaran.

Baca juga : Setelah Suaka 7 Tahun, Pendiri WikiLeaks Ditahan Polisi Inggris

Hanya saja, untuk mengurangi dampak gas air mata, petugas tak bisa berbuat banyak. Mendengar keluhan itu, Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan tak tinggal diam.

Kemarin siang, bekas Mendikbud ini memimpin apel dengan para petugas PSSU alias pasukan orange untuk mengurangi dampak gas air mata. Satu unit mobil pemadam kebakaran diturunkan.

Usai apel, puluhan petugas PSSU langsung beraksi. Menyapu jalan, menyikat sudut-sudut jalan yang gosong. Anies ikut membantu. Ia menyemprot jalanan dengan selang dan menyikat. Sudut-sudut yang terlihat kotor atau menghitam dibersihkan.

“Ini wilayah strategis, kita ingin agar masyarakat nanti bisa melihat Jalan MH seperti sedia kala,” kata Anies. Anies mengunggah aksinya saat bersih-bersih tersebut di akun Twitter miliknya.

Sampai tadi malam, video itu sudah dilihat 73 ribu kali. Sebanyak 429 pengguna menuliskan komentar dan 2 ribu lainnya ikut me-retweet. Rupanya tak semua suka dengan aksi Anies tersebut. Sebagian warganet malah nynyirin.

Baca juga : Salam 2 Jari Anies Dipermasalahkan

Salah satunya adalah Nong Andah Darol Mahmada. Istri Guntur Romli ini ngedumel. Geleng-geleng kepala dengan kelakuan Anies yang menurutnya penuh dengan pencitraan.

“Kemarin angkat keranda, sekarang nyiram jalanan. Ada? Ada.. Kalau buat pendukungnya itu pemimpin yang katanya kerja. Kalau buatku itu pencitraan. Basi banget,” cuitnya di akun @ nongandah.

Menurut dia, apa yang dilakukan Anies seperti gotong keranda atau bersih-bersih itu tidak mencerminkan tugas seorang pemimpin sekelas gubernur. Selain itu, Nong menilai apa yang dilakukan Anies sebagai blunder. Misalnya konferensi pers bilang suasana Jakarta kondusif padahal aparat lagi berjibaku melawan perusuh.

“Dan hari ini nyebarin foto doi lagi bersihin aspal bareng pasukan orange,” ungkapnya. Pengikut Nong, ikut menimpali. “Lagi nyari simpati mungkin, soalnya belum ada berita prestasinya,” ujar @pedecekre.

Suami Nong, Guntur Romli, tak kalah nyinyir. Di akun Twitter miliknya, Guntur heran dengan keputusan Anies yang tiba-tiba mengumumkan jumlah korban jiwa sebanyak 6 orang. “Apa sudah diklarifikasi?

Baca juga : Rini Resmikan 3 Proyek

Sebelum ini dia tidak pernah mengimbau agar massa tidak datang ke Jakarta atau tidak meredam massa, malah bikin kebijakan yang luka-luka akibat demo akan diobati gratis, ini sprt mendorong orang ke Jakarta,” ujarnya di akun @gunromli.

Selama ini pasangan suami istri ini memang dikenal sebagai pendukung keras Ahok. Tak semua nynyirin Anies. Ada juga yang memuji dan memberi semangat. Seperti diungkap @denypradata.

“Pak Anies bersih-bersih dibilang citra, Bu Risma bersih-bersih dibilang luar biasa. Emang cuma ibu-ibu yang boleh bersih-bersih deh ah,” kicaunya. “Terima kasih Pak Gubernur Indonesia. Cuekin aja buzzer hater nasbung,” ujar @ indahbalqis.

“Pantesan suami gagal ke Senayan mungkin sebab perangai anda juga. Maaf ya maaf. Terpaksa saya hrs berkata apa adanya,” tuntasnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.