Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penari Barong Bali Sebut Sandi Pemimpin Idaman Kaum Milenial

Jumat, 22 Oktober 2021 14:52 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno disambut penari Barong saat berkunjung ke Desa Wisata Carangsari, Badung, Bali. (Foto: Dok. Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno disambut penari Barong saat berkunjung ke Desa Wisata Carangsari, Badung, Bali. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penari Barong Bali Ida Bagus Made Kesawa Telaga mengaku kagum dengan kepemimpinan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Menurutnya, Sandi merupakan pemimpin idaman para kaum milenial.

Ida Bagus menjadi penari Barong milenial yang menyambut Sandi saat kunjungan kerja ke Desa Wisata Carangsari, Badung, Bali, akhir September lalu. Dia menari untuk menunjukkan ke Sandi sebagai wakil milenial yang tetap melestarikan budaya.

"Saya mau menunjukkan kalau saya mewakili generasi milenial. Karena Bapak yang menjadi inspiratif kaum milenial, makanya saya mau bicara," katanya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (22/10).

Saat itu, Sandi disambut dengan tarian Barongsai yang dipersembahkan para remaja berusia 15 tahun. Sandi menyatakan, makna dalam tarian itu menunjukkan bahwa Bali adalah tempat yang pluralis, yang semua budaya ada di Pulau Dewata ini. “Ini menunjukkan kalau semua Bali tempatnya semua akulturasi budaya,” katanya

Sandi menegaskan, adanya tarian Barongsai yang dilakukan remaja menunjukan kalau anak-anak juga bisa diajak untuk meletarikan budaya. Sehingga budaya ini tidak akan punah dan terus lestari.

Dalam kunjungan itu, Sandi juga disambut dengan Tari Topeng Tugek Carangsari yang diciptakan dan dipopulerkan Maestro I Gusti Ngurah Widya. Di desa tersebut, Sandi juga menemukan adanya Wayang Kulit Paruwe, Wayang Ramoyane, Barongsai, Tarian Hanoman, Barangket, gamelan khas Bali, Barong Landung yaitu Kisah Cinta Raja Bali Sri Jaya Pangus dengan Ratu Gede keturunan Tionghoa.

Ada juga peninggalan sejarah Puri Agung Carangsari, yang merupakan kediaman I Gusti Ngurah Rai dan Para Agung Kesatria, Monumen I Gusti Ngurah Rai, Cagar Budaya Pura Puseh Kangin, Kampung Nyama Toko penduduk keturunan Tionghoa, Gereja, Semang Tuo atau petilasan keturunan Tionghoa. “Desa ini kaya akan budaya. Semua budaya ada di desa ini,” tukasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.