Dark/Light Mode

Hermawan Sulistyo: Penyelesaian Konflik Di Papua Harus Dengan Hati

Jumat, 22 Oktober 2021 18:18 WIB
Diskusi bertajuk Tudingan Rasis dan Pelanggaran HAM di Papua, yang diselenggarakan Jakarta Journalist Center, di Jakarta Selatan, Jumat (22/9).
Diskusi bertajuk Tudingan Rasis dan Pelanggaran HAM di Papua, yang diselenggarakan Jakarta Journalist Center, di Jakarta Selatan, Jumat (22/9).

 Sebelumnya 
Sementara untuk jangka menengah hingga jangka panjang, dapat dilakukan dengan cara memberikan akses pendidikan kepada putra-putri Papua.

Misalnya, menyediakan asrama atau tempat tinggal bagi putra-putri Papua yang menempuh pendidikan di luar provinsi tersebut.

Baca juga : Pimpin Tim Penyelesaian Sanksi WADA, Okto Langsung Petakan Solusi

Tetapi, pemerintah tetap harus mengawasinya, agar kebijakan itu tidak menimbulkan permasalahan baru, yakni mengumpulkan para pemberontak.

"Dibikin asrama Papua. Tetapi yang terjadi di asrama sama-sama berbagi kemiskinan, kesedihan, dan kemarahan. Yang terjadi mengumpulkan pemberontakan," papar Hermawan.

Baca juga : BCA Syariah Bidik Pembiayaan KPR Di Kota Baru Parahyangan

Melalui cara-cara seperti itu, Hermawan optimis, permasalahan konflik dan kekerasan di Papua dapat diselesaikan. "Cara seperti ini dalam jangka panjang saya optimis berhasil," tandasnya. [BYU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.