Dark/Light Mode

Pimpin Apel Pasukan Sambut Wisman Di Bali

Pesan Kapolri: Sebagai Gerbang Terakhir, Tolong Disiplin!

Sabtu, 23 Oktober 2021 13:32 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel gelar pasukan dalam rangka persiapan penerimaan wisatawan mancanegara (wisman), di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sabtu (23/10). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel gelar pasukan dalam rangka persiapan penerimaan wisatawan mancanegara (wisman), di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sabtu (23/10). (Foto: Divhumas Polri)

 Sebelumnya 
Ditambahkannya, dibukanya pintu bagi wisman ini, juga merupakan upaya dari pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Khususnya, Bali. Wilayah tersebut sangat terdampak karena sektor pariwisatanya terhenti akibat pandemi Covid-19.

"Pemerintah melakukan evaluasi termasuk persiapan kita dalam memberikan kesempatan membuka lagi Bandara Internasional untuk menerima kedatangan turis," ucap eks Kabareskrim Polri ini.

Setelah mengecek alur penerimaan, Sigit mengungkapkan, TNI-Polri harus memastikan pengecekan status vaksinasi terhadap setiap wisman.

Baca juga : Kelompok Milenial Apresiasi Solusi Kapolri Soal Geger Di KPK

Juga, surat tes RT-PCR dan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan turis itu negatif dari Covid-19, hingga menuju lokasi karantina yang disiapkan.

Sigit menilai, secara umum persiapan cukup baik. Namun tetap perlu perbaikan maupun koreksi serta evaluasi untuk memastikan semua yang dilaporkan berjalan dengan baik. Khususnya, beberapa tempat yang menjadi perhatian bersama di area yang digunakan untuk menunggu.

"Proses PCR satu jam tolong seluruh satgas yang tergabung tolong pak Gubernur di cek ulang. Kita memastikan tes PCR sesuai apa yang diharapkan," papar Sigit.

Baca juga : Prabowo Pamerin Kapal Perang Sakti Dari Inggris

Kemudian, Sigit juga menegaskan soal kesiapan di hotel lokasi karantina. Ditekankannya, wisman harus menjalani lima hari proses karantina, sesuai aturan. Agar wisman tak bosan selama menjalani karantina, Sigit meminta jajarannya menyiapkan berbagai kegiatan.

"Ini menimbulkan kejenuhan dan harus dipikirkan bagaimana di area yang dipakai karantina ada beberapa kegiatan yang tentunya bisa diberikan untuk hilangkan kejenuhan," terangnya.

Sigit berharap, penerimaan wisman di Bali ini bisa berjalan dengan baik. Mengingat, Pulau Dewata juga akan menyelenggarakan beberapa event internasional.

Baca juga : Didampingi Kapolresta Malang, Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Gerai Vaksinasi Di SMA Cor Jesu

Indonesia sendiri, sudah membuktikan mampu menjalankan agenda nasional dan internasional, dengan tetap memperhatikan faktor kesehatan. Hal tersebut tercermin dalam penyelenggaraan PON XX di Papua yang berjalan aman dan tidak menyebabkan lonjakan kasus Covid-19.

"Oleh karena itu pentingnya dievaluasi terkait perkembangan dari negara dimana turis tersebut akan datang. Sehingga kemudian kita akan menjadi lebih siap dan di dalam pengecekan akan lebih hati-hati. Ada risiko yang kita hadapi apabila kita kendor dan lalai," tutup Sigit. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.