Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Lonjakan Covid-19 Saat Libur Nataru

Kapolri: Tak Boleh Abai, Prokes Harus Tetap Kuat

Selasa, 26 Oktober 2021 13:40 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajaran TNI-Polri dan seluruh stakeholder untuk mewaspadai laju pertumbuhan Covid-19 jelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Menurut Sigit, antisipasi tersebut harus dipersiapkan untuk mencegah potensi laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia pasca-hari libur.

Hal ini disampaikan Kapolri saat menghadiri kegiatan vaksinasi dan bakti sosial yang diselenggarakan Akabri 1990 di Gedung Jaga Nusantara 1 (JN1) Kelapa Dua, Tangerang Selatan, Selasa, (26/10).

Baca juga : Lestari: Disiplin Prokes Harus Diawasi Ketat

Diingatkan Sigit, berkaca dari pengalaman sebelumnya, kasus Covid-19 di Tanah Air selalu meningkat usai liburan.

Apalagi, pemerintah kini sudah mulai melakukan pelonggaran di berbagai sektor lantaran kasus Corona sudah melandai.

"Dalam kesempatan ini karena kita akan menghadapi Nataru, kita tahu dengan pengendalian laju Covid-19 yang kita laksanakan, maka aktivitas masyarakat mulai dilonggarkan karena sudah dilakukan penurunan level di masing-masing PPKM. Namun demikian saya ingatkan kita tidak boleh lalai, abai dan harus waspada," imbau Sigit.

Baca juga : Liburan Maulid Nabi Digeser

Eks Kapolda Banten ini mengingatkan, meskipun angka Covid-19 di Indonesia saat ini sudah mulai bisa dikendalikan, namun hal itu tak lantas membuat penanganan dan pengendalian pandemi virus Corona menjadi tidak maksimal lagi.

Sigit menegaskan, kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) harus tetap dilakukan meskipun laju pertumbuhan Covid-19 telah menurun.

"Kuncinya bagaimana di tengah relaksasi dan kesempatan yang diberikan untuk aktivitas, prokes harus dilaksanakan secara ketat dan kuat," tuturnya.

Baca juga : Menpora Dan Kapolri Sigap Cek Penerapan Prokes PON Papua

Hal ini membutuhkan kedisiplinan dan kesadaran bagi seluruh masyarakat untuk menjaga prokes. "Karena kita lihat di beberapa wilayah saat ini sudah mulai kendor, terutama penggunaan masker," keluh mantan Kabareskrim Polri ini.

Jika tidak waspada dan hati-hati, dikhawatirkan akan ada potensi meningkatnya kembali angka Covid-19 usai libur Nataru.

"Ini kalau tak hati-hati kita hadapi Nataru akan ada potensi mobilitas yang tinggi, kerumunan dan ini berdampak kepada meningkatnya angka Covid-19. Karena di negara tetangga kita masih terjadi fluktuasi terhadap angka Covid," wanti-wanti Sigit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.