Dewan Pers

Dark/Light Mode

Targetkan 80 Persen Vaksinasi Covid Akhir Tahun

Masyarakat Dukung Upaya Pemerintah Door To Door

Jumat, 5 Nopember 2021 06:20 WIB
Petugas kesehatan berjalan menuju rumah warga untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di Sondakan, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, 04/11. (Foto: Antara).
Petugas kesehatan berjalan menuju rumah warga untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di Sondakan, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, 04/11. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 124 juta orang atau 60 persen menjadi target vaksinasi Covid-19 dosis kedua pada akhir tahun 2021. Sedangkan 168 juta orang atau 80 persen menjadi target dosis pertama.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, untuk memaksimalkan capaian vaksinasi, pemerintah telah menggandeng banyak pihak. Mulai dari instansi pemerintah dan aparat, hingga swasta.

Termasuk, kata Nadia, melibatkan tokoh agama setempat atau lokal, imam masjid dan pendeta. Juga vaksinasi dari pintu ke pintu (door to door) yang melibatkan kepala desa dan lurah.

“Kepala desa dan lurah mendata lansia di wilayahnya. Lalu melakukan vaksinasi door to door,” jelas Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes itu.

Berita Terkait : Airlangga: Presidensi G20 Indonesia Tahun Depan Didukung Banyak Negara

Saat ini, kata Nadia, fokus pemerintah adalah menggaet warga lanjut usia (lansia) untuk menerima vaksinasi Covid-19. Hingga saat ini, capaian vaksinasi untuk lansia paling rendah dibandingkan kategori sasaran vaksinasi lainnya.

“Pemerintah telah beberapa kali mencapai target 2 juta dosis vaksinasi dalam sehari selama tiga bulan terakhir ini,” kata Nadia.

Diberitakan, pemerintah telah menerima sekitar 300 juta dosis vaksin Covid-19 dari berbagai produsen vaksin global. Selain itu, Indonesia sudah berkomitmen mendatangkan 431.796.220 vaksin Covid-19.

Hingga Rabu (3/11), tercatat setidaknya 121.975.753 orang telah menerima suntikan dosis pertama. Sementara, baru 75.829.190 orang yang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-19 di Indonesia.

Berita Terkait : Kiai Maruf Ajak Masyarakat Budayakan Gaya Hidup Aktif Dan Sehat

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran 208.265.720 orang baru menyentuh 58,57 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 36,41 persen.

Netizen mendukung rencana pemerintah yang akan menggenjot vaksinasi Covid-19 hingga 80 persen pada akhir 2021. Dengan capaian tersebut, diharapkan herd immunity atau kekebalan kelompok segera tercapai.

Akun @AzharFRS mendukung rencana pemerintah yang menargetkan 80 persen vaksinasi pada akhir 2021. Demi tercapainya target tersebut, dia mengusulkan, agar dilancarkan “teror” terhadap mereka yang masih menolak disuntik vaksin.

“Salah satunya dengan mengganti istilah ‘vaksinasi door to door’ atau ‘serbuan vaksin’ dengan istilah sweeping vaksin,” tuturnya.

Berita Terkait : Komunitas Driver Harap Dukungan Pemerintah

“Nah, biar target nasional cepat terpenuhi, yuk segera vaksin di Puskesmas terdekat supaya semua anggota keluarga bisa terlindungi,” ajak @ann1s4.
 Selanjutnya