Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ekonomi Kuartal III Tumbuh 3,5 Persen

Pemerintah Tetap Happy

Sabtu, 6 November 2021 07:50 WIB
Kepala BPS, Margo Yuwono memberikan penjelasan tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III-2021 dalam telekonferensi pers di Jakarta, Jumat (5/11/2021). (Foto: YouTube BPS Statistics)
Kepala BPS, Margo Yuwono memberikan penjelasan tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III-2021 dalam telekonferensi pers di Jakarta, Jumat (5/11/2021). (Foto: YouTube BPS Statistics)

 Sebelumnya 
Apa tanggapan Kemenkeu? Meski target tak terealisasi, Kementerian Keuangan bersyukur dengan pencapaian ini. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio N Kacaribu optimis pertumbuhan kuartal IV-2021 nanti bisa lebih tinggi dari kuartal ketiga. Soalnya aktivitas ekonomi sudah mulai pulih seiring kondisi pandemi yang relatif terjaga dan percepatan pelaksanaan vaksinasi.

Febrio mengatakan, optimisme itu didasarkan pada tren pergerakan berbagai indikator dini. Seperti indeks mobilitas masyarakat dan indeks belanja masyarakat yang sudah kembali di atas level pra pandemi sejak September 2021.

Baca juga : Kinerja Ekspor Moncer, Ekonomi RI Triwulan III 2021 Tumbuh 3,51 Persen

“Pemerintah akan tetap menjaga momentum pertumbuhan ini, salah satunya dengan mengakselerasi implementasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Khususnya, dalam menciptakan tenaga kerja dan merangsang aktivitas dunia usaha yang terdampak,” kata Febrio, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini. Kata dia, respons cepat pemerintah dalam mengendalikan lonjakan kasus varian delta pada awal kuartal III-2021 dapat memperkuat kembali momentum pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga : Harga Tes PCR Turun, KSP: Pemerintah Ingin Pastikan Covid-19 Tetap Terkendali

Pulihnya kepercayaan masyarakat secara cepat dalam melakukan aktivitas ekonomi, menjadikan momentum pemulihan di sisi demand dan supply tetap terjaga.

“Efektivitas penerapan kebijakan PPKM dan akselerasi vaksinasi menjadi penopang utamanya,” kata Airlangga, dalam keterangan tertulis kemarin.

Baca juga : Waskita Karya Raih Persetujuan Penjaminan Pemerintah Pinjaman Sindikasi Rp 8,07 T

Bagaimana tanggapan pengusaha? Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, meski melambat, pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga masih sesuai dengan harapan pengusaha. Soalnya, sejumlah daerah menerapkan PPKM pada Juli dan Agustus. Untunglah, kata dia, harga komoditas membaik sehingga mampu menopang pertumbuhan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.