Dewan Pers

Dark/Light Mode

Alumni HI UI Bentuk Organisasi

Bertho Darmo Poedjo Asmanto Jadi Ketum Pertama, Arif Mujahidin Ketua Dewan Penasihat

Minggu, 7 Nopember 2021 13:49 WIB
Musyawarah umum Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI. (Foto: Ist)
Musyawarah umum Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Indonesia (UI) resmi membentuk ikatan alumni. Namanya, Ikatan Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI atau disingkat ILUNI HI UI.

Organisasi dibentuk melalui Musyawarah Umum Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional yang digelar pada Sabtu (6/11) kemarin.

Ketua Panitia Penyelenggara Musyawarah Umum Ardhitya Eduard Yeremia menjelaskan, organisasi ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi para anggota untuk berjejaring, berbagi dan mengembangkan diri, serta untuk berkontribusi pada kemajuan almamater, masyarakat, bangsa dan negara.

Berita Terkait : Penyaluran Bantuan Usaha Mikro Ditargetkan Capai 100 Persen Akhir Bulan Ini

"Keberadaan organisasi tersebut juga memungkinkan seluruh penyelenggaraan kegiatan Alumni DHI FISIP UI menjadi lebih akuntabel," ujar Ardhitya dalam siaran pers, Minggu (7/11).

Pada 2021 ini, lanjut Ardhitya, Departemen Ilmu Hubungan Internasional (DHI) genap 36 tahun dan telah menghasilkan tidak kurang 2.000 alumni, baik dari jenjang pendidikan sarjana, maupun pascasarjana.

Mereka berkiprah di berbagai sektor kehidupan serta mengabdikan diri bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Berita Terkait : Tutup Rangkaian Pidato Para Ketum Parpol, AHY Jadi Sorotan Lintas Negara

Meski belum ada organisasi resmi, berbagai kegiatan telah diselenggarakan untuk membina rasa kebersamaan dan kekeluargaan di antara sesama alumni DHI.

Peran alumni dalam perayaan HUT ke-30 dan ke-35 DHI menjadi saksi mulai terbangunnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan tersebut.

"Hal ini yang kemudian diwujudkan dalam usaha-usaha untuk terus membina hubungan yang baik dengan almamater dan segenap unsur sivitas akademika, baik dalam kapasitas pribadi, maupun kelompok-kelompok angkatan," tuturnya.

Berita Terkait : Aplikasi iPerform, Senjata Andalan AP II Jadi Perusahaan Berbasis Digital

Melihat semakin intensifnya interaksi antar alumni DHI lintas angkatan dan lintas jenjang pendidikan selama 10 tahun terakhir, tercetus suatu ide untuk membentuk suatu organisasi yang mewadahi kegiatan-kegiatan alumni DHI. Maka, musyawarah umum pun diselenggarakan.

"Musyawarah umum yang digelar secara online itu diikuti perwakilan tiap-tiap angkatan alumni, baik dari program sarjana maupun pascasarjana," beber alumni S1 HI FISIP UI 2006 yang juga staf pengajar tetap di Departemen Hubungan Internasional FISIP UI tersebut.

Dalam Musyawarah Umum tersebut, terpilih Bertho Darmo Poedjo Asmanto sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni HI FISIP UI 2021-2024 dan Arif Mujahidin sebagai Ketua Dewan Penasihat ILUNI HI UI.
 Selanjutnya