Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Usulkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan Nasional

Rabu, 10 November 2021 12:03 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo  ziarah di makam pejuang, Pocut Meurah Intan di pemakaman umum desa Temurejo Kabupaten Blora, Selasa (9/11) sore.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ziarah di makam pejuang, Pocut Meurah Intan di pemakaman umum desa Temurejo Kabupaten Blora, Selasa (9/11) sore.

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo  ziarah di makam pejuang, Pocut Meurah Intan di pemakaman umum desa Temurejo Kabupaten Blora, Selasa (9/11) sore.  

Ganjar datang bersama istri, Siti Atikoh ke makam Pocut pejuang berjulukan Singa Betina itu. Ziarah ini dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10  November 2021. 

Dalam ziarah tersebut, Ganjar akan mengusulkan pejuang wanita asal Aceh itu mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Di makam, Ganjar bertemu mahasiswa yang tergabung dalam Persaudaraan Antar Etnis Nusantara (Perantara), dan sejumlah warga Aceh yang ada di Jateng. Mereka datang untuk melakukan kegiatan bersih makam.

Baca juga : Presiden Pimpin Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan Di Kalibata

Usai berdoa bersama yang dipimpin tokoh masyarakat setempat, Ganjar menaburkan bunga ke pusara. Dilanjutkan ngobrol bersama keluarga Pocut Meurah Intan, mahasiswa dan masyarakat Aceh. 

Kepada mereka, Ganjar menawarkan akan memperbaiki dan membangun makam agar lebih baik.

“Kalau diizinkan, kita akan perbaiki. Beliau ini pejuang hebat. Dari keluarga Kesultanan dan melawan Belanda sampai dikejar-kejar dan diasingkan ke sini,” kata Gajar dikutip jatengprov.go.id.

Salah satu keluarga Pocut Meurah Intan di Blora, Sugeng Waluyo menyambut baik rencana Ganjar memperbaiki makam. Selain itu, mereka juga mendukung agar Pocut Meurah Intan diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Baca juga : Gajah Tunggal Dirikan Puluhan Sentra Vaksinasi Di Grobogan

“Saya itu cucu Panglima Mahmud yang masih keponakan Pocut Meurah Intan. Kami sangat setuju, keluarga dari Aceh dan masyarakat Aceh juga setuju dengan pembangunan makam ini. Kami juga berharap beliau bisa diangkat menjadi pahlawan nasional,” kata Sugeng.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pelajar Aceh Semarang, Ahmad Jihan Muzaki menyampaikan terima kasih dan bersyukur karena Ganjar benar-benar datang ke makam Pocut Meurah Intan. 

Ganjar menepati janjinya, ingin membersihkan dan berencana membangun makam pejuang wanita asal Aceh itu.

“Kami sangat bersyukur dan makasih pada Pak Gubernur, atas kunjungannya dan menepati janjinya mengajak kami membersihkan makam, dan akan membangun makam ini. Kami berharap itu bisa segera direalisasikan,” katanya.

Baca juga : Ronaldo Jadi Biang Kerok

Ia berharap Ganjar mau membantu agar Pocut Meurah Intan bisa mendapat gelar  pahlawan nasional. “Kami sangat berharap Ganjar bisa membantu kami dengan berkoordinasi pada Pemda Aceh untuk pengajuan pahlawan nasional itu,” tutupnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.