Dark/Light Mode

Ini Tips Aman Saat Libur Nataru

Kamis, 11 November 2021 10:37 WIB
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito . (Foto: Istimewa)
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito . (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Ketiganya harus terintegrasi, mengingat satu dan upaya lainnya saling mengisi celah penularan Covid-19,” katanya.

Selain itu, protokol kesehatan harus diterapkan dimana pun dan kapan pun selama rangkaian kegiatan dan perjalanan. Kedua, menyegerakan vaksinasi Covid-19 sebagai tanggung jawab melindungi masyarakat yang rentan.

Dengan segera divaksin, orang-orang yang tidak bisa divaksin misalnya anak kurang dari 12 tahun atau orang dengan komplikasi kesehatan tertentu, dapat terlindungi.

Baca juga : Yunani Vs Spanyol, Tanduk Matador Diuji

Ketiga, inisiatif melakukan tes ting atau pengobatan Covid-19 jika merasakan gejala mirip Covid-19. Diharapkan masyarakat segera melakukan testing di fasilitas ke sehatan terdekat.

Dengan terdeteksi lebih cepat dan meningkatkan angka kesembuhan karena ditindaklanjuti lebih cepat pula. Keempat, menganalisis risiko penularan sebelum ber kegiatan.

Perlu memperhatikan sirkulasi udara dan durasi kegiatan. masyarakat yang berkegiatan di luar ruang, durasinya harus lebih singkat. Masyarakat juga perlu mempertimbangkan urgensi untuk bepergian, khususnya bagi mereka yang sedang merasa tidak dalam keadaan fit.

Baca juga : Meriahkan Libur Nataru Dengan Di Rumah Saja

“Khususnya, bagi orang yang merasakan gejala maupun kontak erat kasus Covid-19 tidak melakukan aktivitas luar ruang dan aktivitas perjalanan, demi keamanan diri sendiri dan orang lain di sekitar kita,” terang Guru Besar Universitas Indonesia (Ui) ini.

Kelima, mengikuti perkembangan kebijakan yang berlaku dan mematuhinya.

Dalam masa pandemi, masyarakat diminta adaptif dengan penerapan gas rem yang ada melalui upaya terus mengikuti perkembangan kasus maupun kebijakan yang ada. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.