Dark/Light Mode

Moms, Biasakan Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah Ya

Minggu, 14 November 2021 08:00 WIB
Ilustrasi memakai masker pada anak. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi memakai masker pada anak. (Foto: Shutterstock)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dengan semakin menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia, pelonggaran kegiatan masyarakat semakin diperluas. Termasuk untuk anak kecil. Namun, masih banyak anak kecil yang belum terbiasa memakai masker saat berkegiatan di luar rumah.

Akun @lawancovid19_id mengungkap tips membiasakan anak memakai masker saat ke­luar rumah. Misalnya, jelaskan dengan seder­hana dan beritahu alasan wajib pakai masker dengan cara yang tidak menakutkan.

Baca juga : Diendus KPK, Pengadaan Tanah SMKN 7 Tangsel Pakai Dokumen Studi Kelayakan Fiktif

Atau, kenalkan kebiasaan pakai masker dengan metode bermain, bisa juga dengan memberikan kesempatan pada anak untuk memilih masker yang ingin dikenakan. Tentunya masker yang nyaman untuk dikenakan anak dan tidak menyebabkan gatal.

“Cara lainnya, orang tua/wali perlu mem­buat kesepakatan dengan anak untuk pakai masker sebelum keluar rumah. Ingatkan anak jika setelah melepaskan masker harus dipakai kembali,” ungkap @lawancovid19_id.

Baca juga : Meriahkan Libur Nataru Dengan Di Rumah Saja

Menurut @humaskintap, membiasakan anak memakai masker sangat penting di masa pandemi Covid-19. Meskipun tren kasus se­dang turun. Memakai masker, kata dia, berarti melindungi dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di kalangan anak-anak.

“Pakai masker tidak hanya untuk orang dewasa loh, tapi anak-anak juga! Ditambah, daya tahan tubuh anak berbeda dengan orang dewasa. Yuk, ajari anak-anak, adik-adik kita untuk belajar patuh protokol kesehatan, salah satunya pakai masker,” kata @unnieonni_.

Baca juga : Sutradarai Film Bisikan Jenazah, Aldi Taher Terharu

Akun @dokterapin mengungkapkan, anak berusia di atas 2 tahun sudah harus diajarkan memakai masker yang benar, mencuci tangan dan menghindari menyentuh wajah. Dia bil­ang, pastikan permukaan yang mereka sentuh sudah dibersihkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.