Dark/Light Mode

Tausiah Di Denpasar

DMI Minta Umat Islam Di Bali Rawat Ukhuwah

Senin, 15 November 2021 21:44 WIB
Wakil Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol (Purn) Syafruddin (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol (Purn) Syafruddin (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin meminta umat Islam di Provinsi Bali untuk menjaga prinsip-prinsip persatuan yang sudah melekat pada jiwa dan sikap kaum muslim sejak lama. Yakni, ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan sesama Muslimin, serta ukhuwah insaniyah atau persaudaraan sesama umat manusia.

"Semoga kerukunan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah insaniyah yang sangat lekat kepada seluruh umat Islam di mana pun berada dan tertanam sampai kapan pun. Ukhuwah Islamiyah hendaknya kita jaga dan selalu terjaga," ujar Syafruddin, dalam acara Tausiah dan Silaturrahim Pengurus DMI dengan masyarakat muslim di Masjid Baitul Makmur, Denpasar, Senin (15/11) malam.

Baca juga : Pancasila, Bukti Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia

Tauziah yang diisi Ustaz Das'ad Latief juga dihadiri Ketua DPD DMI Bambang Santoso. 

Apalagi, menurut Syafruddin, khususnya umat Islam di Provinsi Bali adalah kelompok minoritas. Sehingga umat Islam yang berada di tengah-tengah kelompok agama mayoritas harus menampilkan Islam yang rahmatan lil 'alamin.

Baca juga : Muhadjir Minta Bantuan Polisi Dan Dishub

Arti Islam yang rahmatan lil 'alamin adalah agama penuh rahmah, kasih sayang terhadap sesama manusia dan alam semesta, serta kontra terhadap kekerasan dan agresivitas terhadap sesama manusia dan alam semesta.

"Karena minoritas, maka kita bisa menampilkan, sekaligus memberikan pencerahan kepada masyarakat, bahwa Islam adalah Islam yang rahmatan lil 'alamin. Islam yang sangat toleran, umat Islam bisa masuk ke kelompok mana pun, dan selalu bisa memberikan kerjasama di lingkungan mana pun berada," ujar Syafruddin. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.