Dewan Pers

Dark/Light Mode

Punya Gejala Flu, Biar Aman Tes Covid Aja

Selasa, 16 Nopember 2021 08:00 WIB
Ilustrasi orang sakit flu. (Foto: Dok.Shutterstock).
Ilustrasi orang sakit flu. (Foto: Dok.Shutterstock).

RM.id  Rakyat Merdeka - Musim hujan tiba, flu pun merebak. Jangan sepelekan, apalagi beberapa gejala Covid-19 sama dengan flu. Segera lakukan tes Covid-19 agar ada kepastian penyakit yang diderita flu atau Covid-19.

Melalui meme, @pandemictalks menjelas­kan, penyebab flu dan Covid-19 adalah virus yang menyerang saluran pernapasan manusia dan bisa menular ke orang lain. Gejala flu atau Covid-19 bervariasi pada setiap orang, sehingga tidak bisa digunakan sebagai acuan diagnosis.

“Segera melakukan swab test saat memiliki gejala flu. Akan sangat berbahaya jika ternyata itu bukan flu, melainkan Covid-19. Selain dapat menimbulkan gejala berat apabila tidak diobati, juga dapat menularkan ke orang lain,” ujar @pandemictalks.

Berita Terkait : Andika Perkasa, Pilihan Tepat Presiden

Akun @farmalkesRI mengingatkan orang tua agar lebih peduli kepada anak-anaknya saat musim hujan dan pandemi seperti seka­rang. Orang tua kudu mewaspadai gejala seperti demam, batuk atau gejala lain yang mirip dengan flu.

“Jika memang anak menunjukkan gejala, sebaiknya anak tetap di rumah dan segera di tes Covid-19 ya,” imbaunya.

Akun @stephanie_wu26 cerita pengalaman­nya merasakan gejala flu tapi tidak langsung melakukan tes Covid-19. Setelah di-swab, dia dinyatakan positif Covid-19.

Berita Terkait : Malaysia Galak Ke China

“Saran saya, baiknya sih ya minimal an­tigen. Daripada menularkan ke orang lain,” sarannya.

“Saya nggak enak badan dan bersin-bersin saja langsung tes PCR. Padahal dari kecil saya memang gampang kena flu. Habis duit banyak selama pandemi untuk PCR, dari harga Rp 2,5 juta sampai sekarang Rp 275 ribu huhuhu,” ungkap @mitha_mithuy.

Akun @dewibumi88 mengaku sudah pernah melakukan apa yang disarankan @pandemic­talks. Kebetulan orang serumah terkena flu.
 Selanjutnya