Dewan Pers

Dark/Light Mode

Efeknya Cepat Hilang

Divaksin Covid? Ngapain Takut

Selasa, 21 September 2021 06:16 WIB
Ilustrasi Vaksinasi covid-19. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Vaksinasi covid-19. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Masih saja ada masyarakat yang mengkhawatirkan efek vaksin Covid-19. Umumnya, efek samping usai vaksinasi akan hilang dalam beberapa hari.

Efek samping yang paling sering ditemukan setelah suntik vaksin Covid-19 adalah nyeri di lengan, pembengkakan ringan, kemerahan di tempat suntikan, kelelahan, demam ringan, sakit kepala, kedinginan hingga mual.

Ahli penyakit infeksi di Baylor College of Medicine, Prathit Kulkarni mengatakan, untuk mengurangi efek vaksin Covid-19, masyarakat bisa mengkonsumsi air putih untuk membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Lalu, makan makanan tinggi serat dapat mengurangi efek samping vaksin Covid-19.

Berita Terkait : Belum Bahaya, Sudah Bikin Merinding

“Secara umum, istirahat yang cukup dan tetap terhidrasi satu hingga dua hari setelah vaksin dapat membantu (mengurangi efek samping vaksin),” ujar Prathit seperti dikutip dari Eating Well.

Dalam situs resminya, UNICEF menjelaskan, makanan yang bisa mengurangi efek samping vaksin merupakan makanan yang kaya nutrisi. Makanan tersebut dapat meningkatkan sistem imun tubuh saat menerima vaksin.

“Makan makanan yang bergizi seimbang untuk menghindari efek samping yang serius, juga diet seimbang sangat penting,” tulis UNICEF di situs resminya www.unicef. org.

Berita Terkait : Jangan Fokus Di Jawa-Bali, Daerah Diurusi Juga Dong

Organisasi badan dunia untuk anak-anak itu menyebut makanan apa saja yang berfungsi untuk mengurangi efek samping vaksin Covid-19. Pertama, sayur hijau seperti, bayam, brokoli dan sawi. Sayuran tersebut kaya vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi sayuran hijau dapat meningkatkan respons tubuh iritasi.

Kedua, kunyit dapat melindungi otak dari situasi stres, termasuk sebelum dan setelah vaksinasi. Untuk mendapatkan manfaatnya, kunyit dapat diolah menjadi teh atau jamu dan dikonsumsi sebelum dan setelah vaksin.

Ketiga, jahe mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan. Jahe juga bisa mengurangi stres saat vaksi­nasi. Selain itu, jahe juga membantu tubuh meredakan nyeri, menghilangkan mual dan meredakan sakit otot.

Berita Terkait : Tracing Jangan Dikendorkan

Keempat, bawang putih membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih juga dapat memberi makan mikroorganisme yang memiliki peran penting dalam sistem imun.

Kelima, buah-buahan yang kaya akan vitamin C, baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi serta peradangan.

Netizen mengajak masyarakat selalu meng­konsumsi makanan bergizi dan tinggi serat, agar tidak mengalami efek samping saat mengikuti vaksin Covid-19.
 Selanjutnya