Dark/Light Mode

Bawa Tempat Makan

Kamis, 15 Agustus 2019 06:51 WIB
Ngopi - Bawa Tempat Makan
Catatan :
WAHYU SURYANI

RM.id  Rakyat Merdeka - Membawa tempat makan sendiri jika membeli jajanan, berarti mendukung gerakan pengurangan sampah plastik. Pengumuman itu disampaikan Kepala Sekolah di SD anak saya belum lama ini.

Sejatinya, membawa tempat makan dari rumah sudah lama diterapkan pihak sekolah, bahkan sebelum anak saya masuk tahun lalu. Hal itu saya ketahui dari wali murid yang anaknya kini duduk di kelas lima.

Emang sih itu cuma imbauan, nggak wajib. Masih ada siswa yang membeli makanan pake plastik sekali pakai. Pedagangnya juga nggak dilarang menggunakan plastik. Asal, sampah plastiknya tidak berserakan dan dibuang di tempat yang sudah disediakan sekolah.

Baca juga : Peringatan Tsunami Gempa Banten Berakhir

Sebelumnya, pihak sekolah lebih dulu mendata para pedagang makanan yang biasa nongkrong di sekolah. Ini dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan.

Nama si penjual dan jenis jajanannya dipasang di spanduk yang ditempel di tembok samping sekolah. Ukuran spanduknya lumayan besar.

Semua siswa dan yang mengantar jemput bisa lihat. Di spanduk tertulis, 15 pedagang tetap yang menjual makanan di lingkungan sekolah. Antara lain pedagang siomay, martabak mini, cilok, cilor dan cakwe. Belum lagi penjual minuman, ada soft drink, susu dan jus buah.

Baca juga : Rio Dewanto Cemaskan Printilan Mau Nikah

Sementara, ada 14 pedagang musiman, antara lain pedagang mie ayam, bakso dan makroni. Adapun syarat berjualan di sekolah, salah satunya tidak menjual makanan yang sama dengan penjual lain yang lebih dulu nongkrong di sekolah.

Kalau ada pedagang yang nekat, sekolah akan memberikan teguran. Bagi saya, yang baru memasukkan anak sekolah di SD, imbauan membawa tempat makan sendiri jadi pengalaman baru.

Saya tidak tahu apakah di sekolah lain juga menerapkan seperti ini, yang jelas saya mendukung. Meski baiknya memang bawa makanan sendiri, nggak usah jajan.

Baca juga : Gabriel Bocah Teladan

Selain untuk kebersihan sekolah, membawa tempat makan sendiri bisa menekan pembelian plastik bagi pedagang. Dengan begitu, kita ikut membantu program pemerintah mengurangi sampah plastik. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.