Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Hadiah Kejutan Dari Sang Badut

Jumat, 23 Agustus 2019 12:09 WIB
Ngopi - Hadiah Kejutan Dari Sang Badut
Catatan :
DEDE HERMAWAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Namanya Ilham Saputra. Biasa dipanggil om Ilham atau om badut. Wajahnya selalu melempar senyum dan riang. Tidak heran, hampir semua anak-anak langsung akrab dengannya. 

Sikap itulah yang selalu tunjukkan Ilham ke setiap orang. Sikap ramah dan periang itu bukan hanya tuntutan sebagai profesi. Tapi, dia juga praktikkan dalam sehari-hari, baik di rumah maupun di luar rumah. 

Baca juga : Dosenku Sayang, Dosenku Malang

Profesi sebagai badut ulang tahun sudah Ilham lakoni selama tujuh tahun. Saat ini, dia menjadi salah satu personil perusahaan jasa badut online. Menurutnya, di era digital, semua bisa mengakses informasi dan promosi. “Pemasaran lewat online lebih mudah, cuma risikonya bisa mendapat job yang jauh. Saya kantor dan rumah di Bekasi. Dapat order di Jakarta, mau nggak mau tetap kita penuhin,” ujar Ilham. 

Salah satu contoh, dia datang ke wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan, karena mendapat order dari adik saya, untuk merayakan ulang tahun anaknya Afiqa Dian Rafanda. Padahal, biasanya Afiqa merayakan ulang tahun secara sederhana. Cukup mengundang keluarga besar dari ayah dan ibunya, lalu baca doa. Tapi, di tahun ini, Afiqa punya permintaan ingin berulang tahun bersama teman-temannya bersama badut. Berkat teknologi, kini pesan badut tidak perlu repot. Cukup buka website yang menyediakan jasa badut. Tinggal klik. 

Baca juga : Bangku Panjang

Sebelum pentas, Ilham tidak butuh waktu lama untuk berdandan ala badut. Perlengkapan makeup yang selalu dia bawa cukup lengkap seperti shadow, eye brow pensil, pemulas bibir, kuas dan wig. Tidak ketinggalan baju ala badut. Itu semua, dia bawa dalam koper besar. “Ini kotak ajaib, semua ada di sini,” singkatnya. 

Saat menjalani pekerjaan tersebut, dia tidak terfokus pada satu kemampuannya seperti bermain sulap dan menyanyi. Agar anak yang berulang tahun dan undangan tidak jenuh, dia selingi dengan tebak-tebakan. Bagi anak yang bisa menjawab, dia kasih hadiah yang sudah disiapkan dari rumah. Isinya pun beragam, seperti biskuit, minuman kotak, dan alat tulis. 

Baca juga : Ronaldo-Messi, Teman Tapi Saingan

“Saya bikin ide untuk prank anak-anak, saya bilang isinya handphone, jam tangah, pas dibuka biskuit. Semua anak dan orang tua tertawa. Jadi ini hadiah kejutan,” ujarnya. 

Hampir semua anak-anak yang hadir menyukai pertanyaan-pertanyaan dan jawaba-jawab lucu dari sang badut. Karena bagi Ilham, membuat orang lain senang dan tertawa adalah ibadah. “Saya sangat senang, kalau yang punya acara dan undangan senang dan tertawa. Itu bagian dari kepuasaan saya sebagai badut,” ujarnya. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.