Dark/Light Mode

Gunderuwo Sekitar Kita

Rabu, 9 Januari 2019 09:10 WIB
Ngopi - Gunderuwo Sekitar Kita
Catatan :
SARIF HIDAYAT

RM.id  Rakyat Merdeka - Kalau kita melihat kaleidoskop 2018, menurut saya itu terkait hantu-hantuan paling rame. Mulai dari film sampe urusan politik.

Di dunia perfilman, film bergenre horor jadi jawara. Sepanjang tahun 2018, dari daftar 10 film lokal terlaris, lima di antaranya film horor. Soal film horor, saya memiliki pengalaman unik. Mungkin juga bisa jadi jawaban kenapa film horor laris.

Beberapa teman ketakutan pasca menonton film Pengabdi Setan. Kalau mendengar suara lonceng langsung ingat hantu. Padahal sebelumnya kalau denger suara keloneng, keloneng, keloneng, ingatnya tukang es podeng. Film karya sutradara Joko Anwar itu memang top markotop.

Baca juga : Bicara Genderuwo Politik, Prabowo Jadi Penakut

Tempo, majalah paling rajin membedah film, memberikan aplaus dengan kecerdasan Joko Anwar bikin bulu kudu penonton merinding lewat suara lonceng. Nah, yang bikin tepok jidat, teman-teman saya yang ketakutan itu, selalu ngajak nonton jika ada film bergenre horor sedang ngehits.

Nah ketahuan kan jawabannya. Ditakut-takutin ternyata bikin orang ketagihan. He..he..he.. Selera masyarakat dengan hantu-hantuan, ternyata bukan film saja tetapi juga urusan perut.

Kuliner mendompleng nama-nama hantu makin banyak dan berkembang di banyak daerah. Saya meyakini banyak orang yang sudah tidak asing mendengarnya. Ada yang jualan sambal setan, es pocong, rawon setan, es gunderuwo, martabak horor.

Baca juga : Janji Politik Tukang Las

Pasti tahu kan!. Kuliner hantu itu kesannnya memang norak tapi faktanya jadi daya tarik dan jadi tren. Nah, soal kuliner hantu, saya pernah mencicipi sambal setan di penjajah kuliner kaki lima di depan rumah susun, Pejompongan.

Pelanggannya banyak. Setiap malam selalu penuh. Diksi hantu-hantuan tahun lalu juga sukses menggema di jagad politik. Presiden Jokowi yang mempopularkannya.

Presiden menyentil elite politisi yang suka nakut-nakutin masyarakat sebagai politik gunderuwo. Gunderuwo dalam politik memang nyata. Kebetulan saya termasuk orang yang merasakan langsung. Sering didatengin gunderuwo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :