Dark/Light Mode

Dapat Hadiah dari Idola

Senin, 6 Januari 2020 06:44 WIB
Ngopi - Dapat Hadiah dari Idola
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Masih tentang band yang sering saya dengarkan hingga kini. Tulisan ini merupakan sambungan dari tulisan sebelumnya yakni tentang The Specials, band Ska asal Coventry, Inggris. Salah satu lagu yang dicover band tersebut adalah ‘Rudy, A Message to You’.

Lagu itu menyimpan banyak cerita ketika saya masih SMA dulu, dan tepat Oktober lalu ternyata sudah 40 tahun lamanya lagu itu di rilis. Sejak debut album pertama The Specials pada 19 Oktober 1979 oleh 2tone records milik keyboardis mereka, Jerry Dammers.

A Message to You Rudy, originalnya adalah lagu Rocksteady tahun 1967 yang diciptakan musisi Jamaica, Dandy Livingstone.

Baca juga : Malaysia dan Natuna

Awalnya lagu ini berjudul ‘Rudy, A Message to You’, yang kemudian meraih kesuksesan setelah dicover oleh The Specials, pada debut albumnya 40 tahun lalu, dan berhasil masuk dalam ‘top 10 UK Singles Chart’, akhir Oktober 1979.

Selain The Specials, lagu ini juga telah dicover sejumlah artis lain. Seperti The Mescaleros, Los Fabulosos Cadillacs, Judge Dread, Barenaked Ladies, Dead Milkmen, Madness, Amy Winehouse, dan Army of Juan.

Pecinta musik Ska pasti pernah juga mendengar Sublime, ikut mengcover di akhir lagu mereka yang berjudul ‘DJ’ dari album debut mereka, 40oz. Lalu ada Propagandhi, band punk asal Kanada, yang menggunakan melodi dan lirik parsial dalam lagu mereka ‘Ska Sucks’ yang ditampilkan di album How to Clean Everything. Kemudian ada Pete Doherty, di Eurockeennes de Belfort, juga membawakan lagu itu pada 2009.

Baca juga : Turnamen Voli Jadi Ajang Cari Jodoh

Minggu lalu, saya amat senang, karena mendapat kiriman kaset CD Roddy Radiation and The Skabilly Rebels, kaos, dan hadiah lainnya yang dikirimkan satu paket langsung oleh gitaris The Specials, Roddy Radiation.

Meskipun dalam kiriman tersebut adalah merchandise dari band barunya, The Skabilly Rebels, saya tetap menyu kainya. Karena nuansa musik di band baru Roddy, tetap ada unsur 2Tone Skanya.

Saya berteman dengan Roddy di jejaring Facebook. Dengannya saya sering mengirim dan berbalas pesan. Meskipun Roddy sudah tidak lagi bermain dengan The Specials, saya tetap mengidolakannya.

Baca juga : Taufik: Doakan Cawagub DKI dari Gerindra

Lagu lagu dari The Specials yang saya dengarkan adalah lagu mereka saat format di awal karirnya Roddy, yakni dari tahun 1977 sampai 1984. [HENDRAWAN K WIJAYA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.