Dark/Light Mode

Nyobain Bikin Dalgona Coffee

Rabu, 15 April 2020 01:48 WIB
Ngopi - Nyobain Bikin Dalgona Coffee
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Di media sosial belakangan viral soal Dalgona Coffee, sebuah minuman kopi yang awalnya dipopulerkan oleh aktor asal Korea Selatan, Jung Il-Woo. Selama pandemik virus corona, minuman kekinian 2020 ini mulai menjamah rasa penasaran banyak orang. Maklum, dalam rangka mencegah penyebaran corona ini, banyak orang yang bekerja dari rumah (Work From Home/WFH). 

Akibatnya, banyak orang yang tertarik membuat miniman ala cafe ini. Resep dan cara membuatnya pun menyebar di berbagai media sosial, seperti Instagram, Twitter, hingga YouTube. Orang berbondong-bondong menggunakan hashtag #DalgonaCoffee di Instagram, Twitter, hingga YouTube. 

Cara pembuatan Dalgona Coffee ini sendiri cukup simpel, dan menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Untuk membuat Dalgona Coffee kita hanya membutuhkan kopi instan, gula, air panas, dan susu cair. Bisa juga disediakan es batu bagi yang suka kopi dingin. 

Baca juga : Iseng-iseng Bikin Masker

Cara membuatnya pun sepertinya mudah. Kopi, gula, dan air panas dimasukan ke gelas atau wadah lainnya dengan komposisi 1:1:1. Setelah itu campuran kopi, gula, dan airnya diaduk sampai mengental, jadi seperti cream. Setelah jadi, Anda tinggal memasukan susu cair ke dalam gelas, dan menaruh campuran kopi tersebut di atasnya. 

Melihat cara membuat yang mudah itu, saya pun ikut coba membuat minuman yang sedang ngetren tersebut. Mulailah berburu kopi Nescaffe, yang banyak digunakan untuk membuat Dalgona Coffee made in Indonesia. Sayangnya di beberapa mini market sekitar rumah saya nggak dapet kopi yang di maksud. 

Untungnya dalam banyak video, Dalgona Coffee bisa dibuat dengan menggunakan merek kopi lainnya. Bahkan bagi yang tidak terlalu suka kopi, bisa menggunakan matcha, milo, chocolatos, atau yang lain sesuai selera masing-masing. Mungkin banyaknya varian ini juga yang membuat banyak orang mau memcoba membuat Dalgona Coffee.

Baca juga : Anambas, Calon Saingan Raja Ampat

Sayang meski mudah teorinya, tapi belum tentu mudah dalam prakteknya. Sudah dua kali saya coba membuat Dalgona Coffee, tapi belum juga bisa jadi seperti di video-video itu. Padahal yakin sudah mengikuti setiap langkah dalam video resep membuat Dalgona Coffee. 

Untungnya ternyata bukan hanya saya yang coba membuat, dan gagal. Beberapa kawan ternyata juga coba membuat Dalgona Coffee, dan membagikannya di sosial media. Jadi mari kita coba lagi, dan coba resep makanan mudah lainnya. Itung-itung ada bahan obrolan yang menyegarkan, di tengah keterbatasan aktivitas WFH.

Nanda Prananda, Wartawan Rakyat Merdeka

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.