Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Belajar Beternak Kelinci

Rabu, 30 September 2020 08:41 WIB
Ngopi - Belajar Beternak Kelinci
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Daging, urine hingga kotorannya bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Tidak hanya itu, permintaan untuk dipelihara pun semakin tinggi mengingat banyak orang yang ingin menghabiskan waktu di rumah selama pandemi Corona dengan bermain bersama kelinci. 

Itulah beberapa keuntungan beternak kelinci yang diungkapkan abang ipar saya, Bang Daus. “Enak loh kalau sekarang pelihara kelinci. Banyak yang nyari. Kalau mau dijual juga gak susah-susah banget,” ujarnya. 

Mendengar hal tersebut, sontak saya berpikir dalam hati, kesempatan ini harus dimanfaatkan. Apalagi, sepertinya pandemi Corona masih akan berlangsung lama. Saya harus belajar beternak kelinci. Kelinci merupakan salah satu hewan kesukaan saya sejak kecil. Paling tidak, dengan kesukaan saya terhadap kelinci bisa menumbuhkan semangat untuk beternak. 

Baca juga : Corona Makin Dekat

Meskipun belum lama beternak kelinci, Bang Daus mengungkapkan bahwa dirinya tidak kesulitan mengurus kehidupan hewan lucu tersebut. Menurutnya, kelinci mudah dibudidayakan. “Orang-orang belum banyak yang tahu kalau usaha budidaya ternak kelinci punya peluang yang bagus untuk jangka panjang,” ungkap bang Daus. 

Ia mengatakan, pakan untuk kelinci pun sekarang mudah didapatkan. “Kalau ada sayuran sisa tinggal kasih. Banyak di pasar. Kalau mau kelincinya lebih bagus beli pakannya aja, banyak, murah,” katanya. 

Untuk kandang, Bang Daus mengungkapkan bisa dibuat sendiri. “Cuma pakai kayu atau bambu dan kawat kandang ayam. Kalau mau awet pakai baja ringan bisa. Kalau lahan sempit tinggal ditingkat aja kandangnya,” tuturnya. 

Baca juga : Suka Duka WFH

Sementara, untuk memasarkannya juga relatif mudah. Terutama kelinci hias yang bisa dipasarkan di tempat keramaian seperti pasar atau gelanggang olahraga yang biasanya ramai dipadati keluarga yang lari pagi. 

“Pokoknya kalau mau beternak kelinci jangan ragu. Kalau kata orang kelinci susah dipelihara, gampang mati dan lain-lain, jangan dengar itunya. Cobain dulu aja, baru ngerasin asiknya ternak kelinci,” tukasnya.

Alfian Sidik, Wartawan Rakyat Merdeka

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.