Dark/Light Mode

Habis Nyoblos, Liburan Tiba

Minggu, 21 April 2019 05:41 WIB
Ngopi - Habis Nyoblos, Liburan Tiba
Catatan :
RIFFMY

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari pencoblosan Pemilu 2019 telah berlalu. Kini masuk tahap proses penghitungan suara manual. Hasil perolehan suara di TPS direkapitulasi berjenjang. Dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Proses penghitungan manual ini diperkirakan butuh waktu sebulan lebih.

Dengan adanya quick count atau hasil hitung cepat, kita bisa mengetahui siapa yang bakal memenangkan pilpres. Siapa partai yang jadi juara. Juga partai yang tak lolos electoral threshold atau ambang batas.

Namun quick count tidak bisa menunjukkan siapa caleg yang bakal terpilih. Para caleg masih deg-degan. Apalagi jika mereka telah menghabiskan banyak uang ketika kampanye.

Baca juga : Di TPS Sandi Nyoblos, Jokowi-Maruf Menang Telak

Saya baca berita, ada caleg yang mulai depresi. Penyebabnya, perolehan suaranya jauh di bawah harapan. Ada yang berkunjung ke padepokan untuk menghilangkan galau.

Caleg itu sudah pasrah tidak terpilih sebelum ada hasil perhitungan KPU. Mungkin dia sudah mengantongi hasil perhitungan suara dari saksi-saksi di TPS.

Dari timur Indonesia, tersiar kabar seorang caleg mengungkapkan kekecewaan di hadapan jamaah shalat Jumat. Ia sudah menyumbang karpet dan jam bagi masjid setempat. Tapi perolehan suaranya di daerah itu minim.

Baca juga : Plong Habis Nyoblos, Jokowi Mau Langsung Makan Bareng Ibu Iriana

Jemaah tersulut emosi dengan ucapan sang caleg. Karpet pemberian dicopot. Diseret-seret di ke tempat tinggal caleg yang beda desa. Hendak dikembalikan.

“Pawai” ini memicu reaksi dari warga desa sang caleg. Disatroni massa, mereka keluar dan berkerumun. Untungnya, polisi segera turun tangan. Memisahkan kedua kelompok.

Kawan saya yang jadi caleg memilih berlibur usai hari pencoblosan. Ia sudah tahu gagal menjadi anggota legislatif dari hasil quick count. Partainya tak lolos ambang batas.

Baca juga : Awas, Melarang Nyoblos Bisa Dibui Dua Tahun

Mumpung ada libur panjang di akhir pekan. Rehat sejenak dari urusan pemilu. Untuk menjaga kewarasan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.