Dark/Light Mode

Guspardi Gaus Dukung Abdullah Ahmad Raih Gelar Pahlawan Nasional

Rabu, 1 Desember 2021 09:44 WIB
Anggota DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus . (Foto: Istimewa)
Anggota DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus . (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Gelar yang diterimanya bersama dengan Syeikh Abdul Karim Amrullah, ayahanda tokoh Muhammadiyah Buya Hamka, merupakan gelar doktor pertama yang diberikan kepada orang Indonesia.

Di samping itu, semasa hidupnya, lanjut Guspardi, Abdullah Ahmad juga tercatat mendirikan majalah Al-Munir dan Al-Akhbar. Serta bekerjasama dengan Hos Tjokroaminoto mendirikan majalah Al-islam.

Baca juga : Syarief Hasan Dukung Pemerintah Batasi Pintu Masuk Internasional

Abdullah Ahmad juga telah mengeluarkan hasil karya berupa buku dan kitab serta aktif menulis menyebarkan pemikiran pembaharuan sosial kemasyarakatan.

"Melalui tiga majalah tersebut beliau juga menyuarakan betapa pentingnya memiliki sebuah negara yang merdeka dan tidak dijajah. Sederet julukan diberikan kepada beliau seperti 'Sang Perintis', 'Wartawan Ulama', 'Pejuang Pendidikan Moderen Berbasis Islam' dan julukan lainnya," sambung mantan Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat itu.

Baca juga : Pertamina Trans Kontinental Raih Penghargaan Forum Inovasi Nasional

Karenanya, Abdullah Ahmad sudah sepantasnya didorong dan diperjuangkan untuk menyandang gelar Pahlawan Nasional. Dia berharap semua elemen masyarakat dapat mewujudkannya.

"Segera bentuk panitia dan lengkapi segala persyaratan administrasi dan mengumpulkan dokumentasi yang mendukung lainnya," ujar Guspardi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.