Dark/Light Mode

Guspardi Gaus Dukung Abdullah Ahmad Raih Gelar Pahlawan Nasional

Rabu, 1 Desember 2021 09:44 WIB
Anggota DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus . (Foto: Istimewa)
Anggota DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus . (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus mendukung upaya dari berbagai tokoh masyarakat di Sumatera Barat untuk mengusulkan DR. Abdullah Ahmad menjadi pahlawan Nasional.

Menurutnya, Abdullah Ahmad merupakan sosok ulama, pengusaha dan pejuang yang rela mendedikasikan hidupnya di bidang pendidikan demi mencerdaskan anak bangsa.

Baca juga : Syarief Hasan Dukung Pemerintah Batasi Pintu Masuk Internasional

Saat itu ala Abdullah Ahmad, mendirikan lembaga pendidikan bukan perkara mudah dan butuh perjuangan besar. Sebab, selalu ada penolakan dan ketegangan dengan kolonial Belanda.

"Sekolah Adabiah dan PGAI yang beliau dirikan lebih satu abad yang lalu masih tetap eksis sampai sekarang," ujar Guspardi saat menjadi pemateri dalam seminar nasional bertemakan "DR. H. Abdullah Ahmad Menuju Pahlawan Nasional", Selasa (30/11).

Baca juga : Pertamina Trans Kontinental Raih Penghargaan Forum Inovasi Nasional

Ia mengatakan bahwa Abdullah Ahmad merupakan pelopor dan perintis pendidikan Islam modern di Nusantara. Tahun 1909 beliau mendirikan sekolah Adabiah melalui Yayasan Syarikat Oesaha (YSO).

Ini, merupakan sekolah pertama di Minangkabau bahkan di Indonesia. Pada tahun 1915 berubah menjadi HIS Adabiah dengan konsep pendidikan yang memadukan pelajaran agama islam dan Alquran dengan pelajaran umum.

Baca juga : Inovasi Ganjar Bangun Rumah Warga Miskin Dapat Perhatian Nasional

"Tahun 1918 beliau juga mendirikan PGAI dan ikut mendorong pendirian diniyah puteri Padang Panjang  (Madrasah khusus puteri pertama di Indonesia) dan Pesantren Sumatera Thawalib Paeabek. Tahun 1930 mendirikan Normal School di Padang yang salah satu alumninya adalah KH Imam Zarkasyi, pendiri Pondok Pesantren Moderen Gontor," ungkap anggota Komisi II DPR itu.

Kepiawaian Abdullah Ahmad kian moncer setelah dianugerahi gelar doktor dari Universitas Al-Azhar, Mesir pada tahun 1923. Hal ini merupakan bukti pengakuan dunia kepada keilmuan Abdullah di di bidang agama Islam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.