Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

2x Tak Datang Ke Senayan, Potong Anggaran MPR

Sri Mulyani Digoyang Bamsoet Cs

Kamis, 2 Desember 2021 07:40 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (Foto: Dok. Kemenkeu)
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (Foto: Dok. Kemenkeu)

RM.id  Rakyat Merdeka - MPR yang saat ini dipimpin Bambang Soesatyo (Bamsoet), lagi kesal banget sama Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Penyebabnya ada 2. Pertama, Sri Mul sudah 2 kali diundang MPR tapi tidak datang. Kedua, Sri Mulyani potong anggaran MPR.

Soal anggaran MPR, Bamsoet mengaku sudah berusaha mencoba membahasnya bersama Sri Mul. Bahkan sudah 2 kali MPR menyampaikan undangan resmi kepada Sri Mul untuk membahas refocussing anggaran. Namun, perempuan yang akrab disapa Ani itu, tak pernah datang. Kata Bamsoet, dua hari sebelum rapat, Sri Mul selalu mendadak membatalkan kehadiran, tanpa alasan yang jelas.

Baca juga : Gandeng Seniman Nusantara, MPR Siapkan Lagu Pilar Bangsa

“Ini menunjukkan bahwa Sri Mulyani tidak menghargai MPR sebagai lembaga tinggi negara,” kata Bamsoet, dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Tak hanya di level pimpinan, ternyata Sri Mul juga berlaku seperti itu ke alat kelengkapan MPR. Misalnya, Sri Mul berkali-kali tak menghadiri undangan Badan Anggaran MPR.

Baca juga : Sambut KIT Batang, Stafsus Menaker Dorong Tenaga Kerja Lokal Punya Kompetensi

Padahal, lanjut Bamsoet, kehadiran Sri Mul itu, dibutuhkan untuk meningkatkan koordinasi dengan MPR sebagai lembaga perwakilan rakyat yang diisi oleh 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD.

Ia mengingatkan, sampai saat ini, MPR senantiasa mendukung berbagai kinerja pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 serta pemulihan ekonomi.

Baca juga : Sri Mul Janji Tak Jual Aset Jakarta

Sebelumnya, keluhan serupa disampaikan Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad. Piminan MPR dari unsur DPD ini mengaku kesulitan berkoordinasi dengan Sri Mul. Lantaran setiap kali diundang dalam pembahasan anggaran, Sri Mul tak pernah hadir.

Bukan cuma itu yang bikin Fadel kesal. Eks Gubernur Gorontalo ini kesal lantaran Sri Mul dianggap sudah keterlaluan dalam memotong anggaran MPR. Padahal saat ini, jumlah pimpinan MPR jauh lebih banyak dibanding periode sebelumnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.