Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sangat Dibutuhkan Masyarakat

Jalan Trans Papua Segera Dibangun

Rabu, 22 Desember 2021 08:35 WIB
Wakil Ketua I Komite II DPD Filep Wamafma. (Foto: Dok. DPD RI)
Wakil Ketua I Komite II DPD Filep Wamafma. (Foto: Dok. DPD RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua I Komite II DPD Filep Wamafma menyambut baik rencana Pemerintah membangun jalan trans Manokwari-Pegaf-Mansel. Tidak hanya itu, Pemerintah juga ancang-ancang membangun bandara untuk meningkatkan transportasi di kawasan Papua.

“Pada Oktober 2019, Presiden Jokowi ke Pegaf dan berjanji akan membangun jalan Manokwari-Pegaf-Mansel. Bahkan bukan cuma jalan, juga dibangun lapangan terbang Snomeba. Mudah-mudahan bisa segera diwujudkan,” kata Filep di Jakarta, kemarin.

Filep menuturkan, Pemerintah sudah mulai menginisiasi hal tersebut. Bahkan Bupati Pegaf Yosas Saroi telah melakukan rapat koordinasi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan tim Kantor Staf Presiden di Manokwari, Senin (13/12).

Baca juga : Status Ibu Kota Akan Pindah Pada Semester Awal Tahun 2024

Sayangnya, Kementerian PUPR menjelaskan, di tahun 2022 pembangunan ruas jalan ke Anggi, Ibu Kota Kabupaten Pegaf, belum dianggarkan. “Lantaran anggaran APBN 2022 sudah tidak memungkinkan lagi,” katanya.

Filep berharap, ada kemurahan hati dari Pemerintah Pusat untuk mengalokasikan pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut. Sebab, jalan tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas masyarakat di sana.

Dia tidak ingin karena persoalan anggaran, kepercayaan masyarakat Papua kepada Pemerintah menurun. Apalagi, saat ini Papua didera berbagai masalah, ditambah pandemi Covid-19 yang belum ada tanda bakal segera berakhir.

Baca juga : Masyarakat Tak Usah Panik, Daerah Penyangga Cabe Siap Menyuplai

“Kita akan bersurat, bermohon kepada Presiden. Ini bukan hanya soal komitmen Pemerintah Pusat kepada Papua, tetapi soal aspirasi daerah yang memang sangat dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Senator asal Papua Barat ini telah berkunjung ke Kabupaten Pegunungan Arfak dan bertemu langsung dengan masyarakat di sana. Sebagian besar masyarakat meminta agar akses jalan bisa terus ditingkatkan.

“Akses jalan ini faktor penting penggerak ekonomi masyarakat,” pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.