Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komisi VIII Dukung Menteri Risma

Nah, Penyaluran Bansos Kudu Tuntas Sebelum Akhir Tahun

Rabu, 29 Desember 2021 07:15 WIB
Anggota Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis. (Foto: Dok. PKS)
Anggota Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis. (Foto: Dok. PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis mendukung kebijakan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mempercepat penyaluran seluruh bantuan sosial (bansos) sebelum akhir tahun.

Langkah ini sangat penting mengingat bansos ini sangat dibutuhkan masyarakat agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Iskan bilang, bansos ini sudah sepatutnya segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya masyarakat yang benar-benar tidak mampu dan terdampak pandemi. Dia meminta dukungan semua pihak sehingga seluruh bansos bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sampai dengan tepat sebelum 31 Desember nanti.

Baca juga : Mensos Dorong Percepatan Pencairan Bansos Di Surabaya

“Mari di sini kita jaga bersama penyaluran bansos ini. Bansos itu jangan sampai ada keterlambatan pendistribusiannya bagi keluarga penerima manfaat nantinya,” sambung politisi senior Fraksi PKS ini.

Iskan menganjukan, penyaluran bansos ini mendapat pengawasan dan pemantauan dari para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) agar memenuhi gizi keluarga dan mengurangi stunting. Selain itu, bantuan yang diterima tersebut dapat dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok keluarga.

Untuk itu, dia mengimbau jajaran Kementerian Sosial (Kemensos) untuk tetap meningkatkan kewaspadaan. Jangan sampai niat mulia Menteri Risma agar semua bantuan bisa tersalurkan sebelum tahun baru mengalami kendala di lapangan. Harus dipastikan bahwa penyaluran bansos berbentuk sembako ataupun tunai ini benar-benar tepat sasaran.

Baca juga : Bamsoet Dukung Bandara Kertajati Buka Penerbangan Langsung Umrah Dan Haji

“Apalagi diakhir tahun ini banyak banjir dan longsor di banyak tempat berbagai daerah, maka optimalisasi penyerapan anggaran sedapat mungkin harus terus ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Risma meminta pemerintah daerah dan operator bansos yang merupakan Himpunan Bank Pemerintah (Himbara) untuk mempercepat penyaluran dana bansos kepada penerima manfaat sebelum pergantian tahun 2021 ke 2022. Risma mewanti akhir pekan ini sudah harus tuntas.

“Saya minta pencairan dipercepat. Ini sudah akhir tahun. Senin besok saya minta semuanya tuntas. Tidak ada penerima manfaat yang belum mencairkan bantuannya,” tegas Risma. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.