Dark/Light Mode

Menperin Ketemu Menteri Hagiuda

Kerja Sama RI-Jepang Kudu Genjot Kedaulatan Industri

Rabu, 12 Januari 2022 07:00 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Dok. DPD RI)
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Dok. DPD RI)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Indonesia dan Jepang terus memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya di sektor industri otomotif dan digital. Langkah sinergi itu diperkuat melalui pertemuan antara Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Jepang Koichi Hagiuda.

“Kami mengucapkan selamat kepada Menteri Koichi Hagiuda yang menjabat sebagai METI pada 4 Oktober 2021 lalu. Beliau menganggap Indonesia sebagai salah satu mitra dagang utama Jepang, sehingga Indonesia menjadi negara pertama yang mendapat kunjungan resmi beliau,” kata Agus di Jakarta, Senin (10/1).

Baca juga : Wacana Kementerian Keamanan Dalam Negeri, Mahfud: Areanya Legislatif

Agus mengatakan, sudah ada sejumlah kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Jepang. Antara lain, Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), yang kini sedang dalam tahap perundingan General Review (GR).

“Kemudian ada juga kerja sama The New Manufacturing Industry Development Center (MIDEC),” kata Agus.

Baca juga : Menperin Targetkan Tahun Depan Pertumbuhan Industri 5 Persen

Dalam pertemuannya dengan Menteri Hagiuda, Agus juga mengatakan, Pemerintah Jepang mengusulkan kerja sama ekonomi di negara-negara Asia, yang dinamakan Asian Japan Investing for the Future Initiative (AJIF).

Cakupan area kerja samanya, antara lain diversifikasi rantai pasok, perkenalan pengembangan dan pemanfaatan teknologi energi terbarukan, sistem manajemen energi, serta kolaborasi studi kelayakan untuk infrastruktur berkualitas. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.