Dark/Light Mode

Lestari: Beri Perlindungan Sistematis Bagi Tenaga Kesehatan

Kamis, 10 Februari 2022 14:29 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perlindungan sistematis dari paparan Covid-19 sangat penting dilakukan menyikapi positivity rate di lingkungan tenaga kesehatan yang terus meningkat.

"Kewaspadaan juga harus ditingkatkan pada sistem layanan kesehatan dalam penanganan lonjakan kasus positif Covid-19 saat ini. Sejumlah standar perlindungan terhadap tenaga kesehatan harus konsisten diterapkan," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/2).

Baca juga : Dubes Kamapradipta Sukses Perkuat Hubungan Dagang Di Tengah Pandemi

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan yang dihimpun per 6 Februari 2022 dari empat rumah sakit di Jakarta, lebih dari 30 persen tenaga kesehatan (nakes) di lokasi itu terpapar Covid-19. Sebagian besar tenaga kesehatan yang terpapar bergejala ringan dan tanpa gejala.

Meski berdampak ringan terhadap tenaga kesehatan, menurut Lestari, kondisi itu semakin menuntut adanya konsistensi dalam perlindungan para tenaga kesehatan.

Baca juga : Pemerintah Beri Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Miskin

Testing dan tracing yang sistematis dan terukur, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus konsisten dilakukan untuk mencegah penularan terhadap pasien di sarana-sarana kesehatan yang ada.

Apalagi, tambah Rerie, ada tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 tetapi tidak bergejala, bila tidak konsisten dilakukan testing berpotensi menulari pasien yang sedang berobat.

Baca juga : Perjanjian FIR Dengan Singapura Tegaskan Kedaulatan Indonesia

Kondisi ini, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, menuntut profesionalisme yang tinggi dari pengelola fasilitas kesehatan dan para tenaga kesehatan untuk tetap konsisten melakukan test swab agar status kesehatan para petugas kesehatan terkonfirmasi dengan jelas.

"Dalam menghadapi tren peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 saat ini, para pemangku kepentingan dan masyarakat diharapkan meningkatkan kedisiplinan dalam menegakkan dan mematuhi aturan yang ada dalam rangka mengendalikan penyebaran Covid-19 di tanah air," pungkasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.